Anti Seret! Simak Cara Mudah Merawat Power Window

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 20 May 2020

Anti Seret! Simak Cara Mudah Merawat Power Window

momobil.id – Power window merupakan fitur yang sudah jamak ditemui di berbagai jenis mobil. Fungsinya tentu menambah kenyamanan pengemudi maupun penumpang mobil ketika membuka atau menutup kaca. Karenanya, pemilik kendaraan perlu mengetahui cara merawat power window agar kinerjanya tetap optimal.

Cara merawat power window sebenarnya cukup mudah karena tak membutuhkan peralatan khusus. Pemilik kendaraan bisa memperhatikan beberapa hal sederhana agar power window tidak bermasalah. Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut tips merawat power window yang bisa dikerjakan sendiri di rumah.

Baca juga: Tak Kalah dengan Mobil Baru, Harga Mobil Lawas Ini Masih Tetap Tinggi

Bersihkan karet kaca

Bagian ini perlu dibersihkan secara teratur menggunakan silicone spray. Semprot sepanjang jalur karet, termasuk karet yang menempel pada frame pintu. Pemilik kendaraan juga perlu mengecek kondisi karet, apakah sudah getas atau masih normal. Karena jika sudah getas, karet tak lagi elastis sehingga bisa menghambat proses keluar masuk kaca yang berakibat kinerja motor listrik menjadi berat. Karet yang mengeras biasanya karena mobil kerap dijemur langsung di bawah terik matahari. Segera ganti karet jika kondisinya sudah mulai getas.

Bersihkan kaca mobil

Jika karet kaca mobil dibersihkan, rasanya tidak lengkap bila kaca mobil tak ikut dibersihkan. Karenanya, pemilik mobil sebaiknya rutin mencuci mobil ketika bagian eksterior sudah berdebu atau berlumpur, termasuk di bagian kaca.

Hindari penggunaan berlebihan

Pengemudi dan penumpang mobil sebaiknya hanya menggunakan power window ketika memang dibutuhkan. Hindari buka tutup kaca jendela mobil ketika kaca dalam kondisi basah atau setelah melewati jalan berlumpur dan berdebu. Karena debu atau lumpur tersebut bisa masuk ke sela-sela jendela dan berpotensi merusak power window.

Lakukan pengecekan rutin

Tips terakhir, pemilik mobil bisa melakukan pengecekan rutin power window setiap enam bulan sekali guna memastikan apakah kinerja power window masih normal atau mulai terganggu. Pengecekan rutin akan terasa manfaatnya guna mencegah rusaknya power window ketika sedang dibutuhkan.


Kembali ke atas