Antimainstream! Lima Mobil Ini Punya Desain yang Unik

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 23 July 2020

Antimainstream! Lima Mobil Ini Punya Desain yang Unik

momobil.id – Mobil merupakan salah satu alat transportasi yang telah mengalami banyak perubahan sejak pertama kali ditemukan. Dari berbagai perubahan tersebut, ada mobil yang memiliki desain cukup unik. Namun, masih ada mobil-mobil lain yang memiliki desain paling unik jika dibandingkan mobil pada umumnya.

Seperti dilansir GridOto yang mengutip Shearcomfort.com, setidaknya ada lima mobil dengan desain paling unik yang pernah dibuat. Berikut wujud penampakannya.

Baca juga: Update Harga Mobil Baru di Kelas LCGC, Mulai dari Rp100 Jutaan

2008 BMW GINA Light Visionary Model

Proyek BMW GINA telah dimulai pada tahun 2001 dan pertama kali dikenalkan kepada publik pada tahun 2008 sebagai mobil konsep. GINA sendiri adalah singkatan dari Geometry and Functions in ā€˜Nā€™ Adaptations, tak mengherankan jika mobil ini punya bentuk yang tidak biasa.

BMW GINA ini menjadi istimewa dengan permukaan yang menutupi sasis kawat aluminium dengan kulit spandex berbahan poliuretan ini fleksibel, elastis, dan tahan air. Kerangka inovatif ini bahkan memungkinkan pengemudi mengubah bentuk bingkai dengan sesuka hati, bahkan bentuk GINA juga akan secara otomatis berubah sesuai dengan kecepatan dan kondisi eksterior.

Pada bagian interiornya, BMW ini dilengkapi dengan fitur yang bisa menyesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan pengemudi.
Misalnya, sebelum memasuki kendaraan sandaran kepala terlipat rapi ke kursi, tetapi ketika pengemudi duduk, sandaran kepala naik secara otomatis dan roda kemudi secara bersamaan bergerak maju bersama dengan panel instrumen.

1970 Lancia Stratos HF Zero

Lancia Stratos, diproduksi pada tahun 1970 dan dilengkapi fitur yang jauh lebih maju dari masanya. Stratos hanya berjarak 33 cm dari permukaan tanah, dan memaksa para insinyur harus kreatif dengan meletakkan pintu di kaca depan.

Prototipe yang berfungsi penuh ini didukung oleh mesin Lacia V4 yang mampu mengeluarkan tenaga 115 dk. Mobil ini memiliki kursi yang hampir horizontal dan telah dilengkapi panel instrumen kaca yang mengingatkan kita pada dasbor Tesla Model S.

1953 GM Firebird XP-21

GM Firebird XP-21

Pada tahun 1953, General Motors memproduksi Firebird XP-21 sebagai eksperimen dengan efisiensi dan manfaat ekonomi mobil turbin gas. Tubuh Firebird XP-21 dirancang dengan kokpit gelembung, sirip ekor, dan sayap aerodinamis, yang menjadikan mobil ini seperti jet tempur. Dibekali mesin road fighter, mobil ini mampu menghasilkan 370 dk dan putaran turbin 13.000 rpm.

1942 Oeuf Electrique

Oeuf Electrique yang diterjemahkan menjadi ‘telur listrik’, kendaraan listrik yang dirancang sebelum Elon Musk membuat mobil listrik keren seperti saat ini. Kendaraan ini dilengkapi dengan tiga buah roda dan dibekali 1.110 kg baterai akumulator dan kendaraan ini bisa melaju dengan kecepatan maksimal 59 km/jam dan jangkauan 96,5 km.

Paul Arzens, desainer mobil ini merancang mobil ini pada tahun 1942 di Paris. Idenya berasal dari kekurangan dan minimnya jatah bensin dan bahan bakar lainnya selama perang berlangsung, sehingga ia berpikir untuk menciptakan mobil dengan energi lain.

1932 Ford Model 18 Speedster

1932 Ford Model 18 Speedster dibekali dengan mesin V-8 dan memiliki fitur dengan tombol tekan seperti mobil-mobil modern. Ford Speedster dikembangkan oleh Edsel Ford, yang merupakan putra dari pendiri perusahaan Ford Motor Company, Henry Ford.

Alumunium dipilih untuk membangun mobil sport yang memiliki desain indah, model ini juga menjadi evolusi kendaraan Ford lainnya. Setelah selesai, Edsel Ford juga sering terlihat mengendarai mobil rancangannya ini sebelum mobil ini dikabarkan mengalami kecelakaan dan tidak lagi terlihat eksistensinya.


Kembali ke atas