Apa Bedanya Harga On The Road dan Off The Road?

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 9 June 2021

Apa Bedanya Harga On The Road dan Off The Road?

momobil.id – Ketika melihat harga mobil atau motor, biasanya tersedia dua pilihan harga yakni harga on the road (OTR) dan harga off the road. Lalu, apa perbedaan kedua harga tersebut?

Harga OTR adalah harga kendaraan beserta dengan biaya pengurusan dokumen kelengkapan berkendara. Sesuai namanya, kendaraan yang dibeli dengan status OTR berarti kendaraan tersebut sudah layak jalan di jalanan Indonesia.

Seperti dilansir detikcom yang mengutip laman Auto2000, harga OTR ini merupakan harga kendaraan ditambah dengan biaya pengurusan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB), biaya cek fisik kendaraan, biaya pembuatan Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) dan biaya pembuatan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sesuai dengan kebijakan masing-masing daerah. Karena adanya tambahan biaya instrumen ini, maka biaya OTR cenderung lebih mahal.

“Bila harga OTR adalah harga kendaraan dan pengurusan legalisasi dan izin jalan, maka off the road artinya adalah nilai jual kendaraan itu sendiri tanpa adanya biaya pengurusan laik jalan seperti pajak dan kelengkapan dokumen,” tulis Auto2000.

Dalam kata lain, harga off the road ini merupakan harga kendaraan yang akan dibeli saja. Tentunya kendaraan yang dibeli dengan status harga off the road, belum bisa dipakai di jalan raya Indonesia. Karena belum memiliki surat-surat layak jalan seperti Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) maupun STNK yang bisa didapat setelah membayar segala biaya dokumen kelengkapan berkendara.

Baca juga: Daihatsu Rocky Turbo Sebaiknya Minum Pertalite atau Pertamax?

Auto2000 mengklaim bahwa dengan membeli kendaraan dalam harga off the road dan membayar sendiri surat-surat serta dokumen kelengkapan berkendara akan lebih murah. “Bila ingin lebih ekonomis lagi, anda bisa mengurus surat-surat dan pajaknya seorang diri selama waktu dan kondisi tenaga memungkinkan,” tulis Auto2000.

“Tetap bisa meminta bantuan dealer untuk mengurusnya. Tinggal konsultasikan saja berapa biaya jasa yang harus dibayarkan untuk dealer, biaya proses pembuatan dokumen, serta pajak mobil,” tulis Auto2000.


Kembali ke atas