Apa Betul Mencuci Mobil Listrik Bisa Mengakibatkan Korslet?

Ditulis oleh : Farah Diba Agustine

25 September 2019

Apa Betul Mencuci Mobil Listrik Bisa Mengakibatkan Korslet?

momobil.id – Salah satu bentuk perawatan pada mobil adalah rutin mencucinya setiap sepekan atau dua pekan sekali. Perawatan dasar seperti cuci mobil tak hanya berlaku pada mobil konvensional yang menggunakan bahan bakar minyak, namun juga pada mobil listrik.

Ketika mencuci mobil konvensional, bisa dilakukan sendiri di rumah atau membawanya ke tempat cuci mobil yang memiliki lifter hidrolik agar bagian kotoran pada kolong mobil bisa dibersihkan sekaligus. Namun jika mencuci mobil listrik, apakah aman menggunakan hidrolik mengingat banyak komponen kelistrikan di mobil tersebut? Misalnya, seperti baterai yang diletakkan di bagian kolong mobil.

Hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa mesin akan rusak jika komponen kelistrikan pada mobil listrik tersiram air. Meski begitu, Jauhari Adzannis selaku Senior Manager Value Engineering & Localization PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menjelaskan bahwa mobil listrik sebenarnya aman diangkat dan dicuci menggunakan lifter. Menurutnya Nissan Leaf bisa diambil sebagai contoh bahwa mencuci mobil listrik tak berbeda jauh seperti mencuci mobil konvensional.

“Pabrikan seperti Nissan telah memperhitungkan bagaimana jika mobil listriknya dicuci, termasuk dengan menggunakan lifter. Seluruh komponen sengaja dibuat aman saat dicuci, termasuk kolong mobil,” jelas Jauhari.

Selain itu, kabel-kabel yang terpasang pada mobil listrik sudah dirancang sedemikian rupa agar tidak tembus air. “Begitupula dengan soket yang menghubungan komponen kelistrikan mobil listrik juga sudah terdapat karet pengaman agar tidak dapat dimasuki air. Bahkan, Nissan Leaf juga membuktikan mobil listriknya aman direndam dengan air hingga 60 cm saat masa training di Jepang,” tambahnya.

Adapun selain Nissan, pabrikan mobil listrik lainnya juga sudah memperhitungkan hal ini guna menjawab keraguan konsumen akan kinerja mobil listrik melewati genangan air, banjir, atau dicuci. Misalnya Tesla, yang sudah memamerkan kemampuan Tesla model X yang mampu berjalan normal saat menembus banjir.

Sumber gambar: IST

berita terkait lainnya

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas