Apa Fungsi Antena Panjang pada Mobil di Area Pertambangan?

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 12 June 2023

Apa Fungsi Antena Panjang pada Mobil di Area Pertambangan?

momobil.id – Bagi orang yang sering mengunjungi area pertambangan, mungkin tidak asing melihat mobil pick-up double cabin atau SUV berlalu lalang. Jika lebih diperhatikan, mobil di area pertambangan menggunakan antena panjang yang biasanya dipasang di bagian bumper. Lantas, apa fungsi dari antena pada mobil di area pertambangan?

Mengenal Safety Whip / Warning Whip

Antena panjang yang terdapat pada mobil tambang memiliki nama safety whip atau warning whip. Sebagian orang menyebut komponen ini buggy whip. Pada umumnya safety whip atau antena panjang digunakan pada bagian depan kendaraan operasional ringan (Operational Light Vehicle).

Antena biasanya diletakkan pada bagian bumper kendaraan. Komponen ini terbuat dari tiang fiber yang ujungnya dipasang bendera dengan warna terang, reflektif, dan mampu menyala dalam gelap. Pemasangan alat safety whip atau antena tersebut juga tidak dilakukan sembarangan. Tinggi buggy whip berkisar antara 3,5 meter hingga 3,7 meter.

Baca Juga: Mengenal Fungsi Dop Velg Mobil dan Cara Merawatnya

Fungsi dari Antena Panjang pada Mobil Pertambangan

Antena panjang yang disematkan memiliki fungsi yang penting bagi mobil tambang. Komponen ini berfungsi sebagai penanda agar mobil penunjang operasional terlihat oleh operator kendaraan besar.

Pada umumnya, kendaraan operasional pertambangan merupakan alat-alat berat berupa excavator atau truck yang memiliki ukuran lebih besar dari rumah dua lantai. Sementara mobil penunjang operasional merupakan mobil light vehicle yang memiliki ukuran jauh lebih kecil dibandingkan dengan kendaraan operasional pertambangan.

Dalam mengoperasikan alat berat, operator memiliki zona blind spot atau zona di mana operator tidak mampu melihat sekelilingnya, baik lewat kaca kabin atau kaca spion. Agar terhindar dari benturan antara alat berat dengan mobil penunjang, maka diberi penanda berupa safety whip.

Beberapa antena atau safety whip dilengkapi dengan lampu LED pada bagian atas bendera. Tujuannya agar antena tersebut lebih mudah dilihat dari jauh saat malam hari.

mobil terkait

Rp 158.000.000

Individu

BANYUASIN

Rp 175.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 285.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 370.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 165.000.000

Individu

SIDOARJO

Rp 145.000.000

Individu

SIDOARJO


Kembali ke atas