Apa itu Spooring & Balancing?

Ditulis oleh : admin | 27 February 2017

Apa itu Spooring & Balancing?

Bagi orang awam, kata servis mobil merupakan kata yang sering diucapkan dan menjadi sebuah kata umum untuk menjelaskan kepada para montir mobil untuk menangani mobil mereka. Namun, kalimat tersebut sangatlah umum dan mencakup artian yang sangat luas. Padahal, di dalam service mobil terdapat banyak jenis perawatan dan salah satunya adalah spooring dan balancing. Masih awam dengan jenis perawatan tersebut? Yuk kita bahas satu persatu.

Baca Juga : 4 Cara Terbaik Merawat Aki Mobil Anda

Spooring adalah prose untuk membuat mobil Anda mendapatkan kembali tingkat kelurusan yang sejajar satu sama lain. Bisa dikatakan spooring adalah membuat mobil Anda kembali ke dalam setingan pabrik. Ban yang biasanya akan melalui proses ini adalah ban depan bila mobil Anda menggunakan rear wheel drive.

Bila Anda masih kebingungan kapan mobil Anda harus melakukan perawatan spooring, berikut beberapa tanda kapan mobil Anda harus melakukan spooring:

  1. Salah satu atau beberapa permukaan ban sudah tidak rata
  2. Bila Anda merasa salah satu ban ada yang aus, mungkin masalah ini disebabkan oleh sistem suspenti yang bermasalah.
  3. Saat mobil diparkirkan terlihat salah satu ban ada yang miring walau permukaan tersebut datar dan lurus.
  4. Ban bagian belakang tidak sejajar dengan bagian belakang mobil, dengan kata lain ban belakang sudah bergeser. Hal ini dapat terlihat dengan mengukur kesejajaran ban dengan spakbor.
  5. Bila Anda merasakan setir Anda miring bila sedang berjalan lurus ini menandakan bahwa ban mobil tidak pada tempatnya, maka itu merupakan salah satu tanda mobil harus segera di-spooring.

Lalu apa itu balancing? Artian perawatan ini dapat langsung dikenali dari makna katanya, yaitu menyeimbangkan kembali. Benda yang diseimbangkan kembali adalah keempat roda mobil yang tadinya memiliki perputaran berbeda hingga memiliki perputaran yang seimbang. Balancing biasa dilakukan biasanya setelah mengganti ban atau velg, dan bila kilometernya sudah mencapai batas balancing.

Kedua perawatan ini sangat penting dilakukan, tapi tidak harus dilakukan secara berkala seperti tune up. Walau begitu, perawatan spooring dan balancing tidak boleh dilupakan, karena akan berakibat fatal bagi mobil dan orang yang berada di dalam mobil tersebut.

mobil terkait

Rp 178.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 132.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 125.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 145.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 129.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 145.000.000

Individu

PALEMBANG


Kembali ke atas