Apa Jadinya Jika Mobil Listrik Menerobos Banjir?

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 16 August 2020

Apa Jadinya Jika Mobil Listrik Menerobos Banjir?

momobil.id – Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan ketika mobil konvensional berbahan bakar minyak menerobos banjir adalah jangan sampai saluran udara kemasukan air. Lalu, apa yang harus diperhatikan jika mobil listrik mencoba terobos banjir?

Stigma mobil listrik lebih rentan terkena air masih menjadi kekhawatiran sebagian konsumen, termasuk ketika mencoba terobos banjir. Pasalnya, jenis kendaraan berbasis listrik pastinya butuh penanganan yang berbeda ketimbang kendaraan dengan mesin pembakaran konvensional.

Apalagi ketika dipakai untuk melibas banjir. Tentunya ada kekhawatiran muncul masalah pada sistem elektrifikasi yang mengakibatkan mobil bisa saja mati. Namun, keraguan itu dijawab dengan pembuktian secara langsung. Seperti dilansir Kumparan, belum lama ini viral pengguna mobil listrik Tesla di Tiongkok berani untuk menerobos banjir yang cukup dalam.

Diketahui jenis mobil tersebut adalah Tesla Model 3. Dari video yang beredar, mobil listrik sedan itu sama sekali tak kesulitan saat menerjang genangan banjir yang tingginya lebih dari setengah ban. Bos Tesla, Elon Musk pernah mengatakan dalam akun Twitternya, pihaknya tak merekomendasi mobil Tesla digunakan untuk melibas banjir. Meskipun, secara perancangan komponen vital dan jalur kabel terlindungi dengan seal anti air.

Kejadian mobil listrik Tesla melahap genangan banjir bukan yang pertama kali. Pada 2019, Tesla Model S juga pernah tertangkap video sedang menerobos banjir di Kazakhstan dan beberapa di negara Amerika Serikat.

Baca juga: Ketahui Efek Negatif Oli Mesin Bercampur dengan Air

Seperti dilansir Kumparan, Deputy Director Marketing Communication PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) Hari Arifianto pernah mengatakan, pada umumnya mobil dengan baterai dan motor listrik aman untuk melintasi genangan air. Kemudian apabila terjadi potensi korsleting mobil listrik sudah dibekali dengan sistem mati otomatis.



Kembali ke atas