Eh Copot! Ini Penyebab Penyebab Knalpot Mobil Mendadak Lepas

Ditulis oleh : Helen Birgitta

12 Aug 2019

momobil.id - Komponen yang mungkin dikatakan jarang disentuh pengguna mobil adalah knalpot lantaran memiliki periode masa pakai lebih lama daripada suku cadang mobil lainnya. Namun knalpot mobil bisa saja mendadak copot, dan hal ini terjadi bukan tanpa alasan.

Pada umumnya, knalpot mobil rusak karena masa umur pemakaian. Namun bisa saja knalpot rusak lebih cepat. Faktor lain yang menyebabkan knalpot mobil copot yakni kualitas rubber mounting yang sudah menurun. Hal ini bisa terjadi karena tidak adanya pegangan terhadap pipa yang tergantung. "Pada saat sudah sobek dan putus maka pipa bisa patah," kata Hein dari Hein Knalpot seperti dilansir detikoto.

Lebih lanjut Hein menjelaskan bahwa setidaknya saat ini ada tiga bahan yang digunakan untuk knalpot, yaitu stainless steel, galvanis, dan monel. "Sekarang ini, sebagian besar bahan pipa knalpot mobil mulai menggunakan bahan yang disebut monel, yang memiliki karakter yang hampir sama dengan stainless steel," jelasnya.

Baca Juga: Kenali kondisi kesehatan mobil melalui warna asap knalpot

Monel merupakan campuran nikel, tembaga, besi, belerang dan unsur-unsur lainnya. Saat berkarat, knalpot kemungkinan bocor. Masalah karat ini pun dapat ditemukan di berbagai lokasi knalpot. "Terkadang, tidak semua tukang knalpot bisa ngelas bahan monel. Jadi bisa terlepas karena mungkin belum matang hasil las-nya atau karena getaran mesin dalam pemakaian di jalanan," tuturnya.

Sumber gambar: CarCareTotal

  • Featured Article
  • knalpot mobil
  • knalpot mobil copot
  • ganti knalpot mobil
  • bahan knalpot mobil

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

TANGERANG SELATAN

2016
Otomatis

115 juta

TANGERANG SELATAN

2012
Manual

118 juta

TANGERANG SELATAN

2014
Otomatis

160 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More