Apa Perlu Membuka Kaca Saat Parkir di Ruang Terbuka?

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 23 March 2022

Apa Perlu Membuka Kaca Saat Parkir di Ruang Terbuka?

momobil.id – Udara dalam kabin akan semakin panas ketika atap mobil langsung terpapar sinar matahari. Ketika mobil parkir di ruang terbuka, ada anggapan bahwa membuka sedikit kaca dapat membantu melancarkan sirkulasi udara dalam kabin. Namun benarkah anggapan tersebut?

Mobil yang terparkir dalam waktu lama di ruang terbuka akan membuat kabin cepat panas dan interior bisa memuai. Meskipun demikian, kebiasaan membuka kaca saat parkir merupakan kebiasaan yang cukup berbahaya jika dilihat dari sisi keamanan. Hal ini dapat mengundang aksi kejahatan, apalagi ketika mobil diparkir di area rawan dan kurang pengawasan. Menurut Sapta Agung selaku Kepala Bengkel Auto 2000, anggapan membuka kaca saat parkir mobil di tempat terbuka bukan sebuah hal yang wajib dilakukan. Mungkin tujuan dari membuka kaca adalah untuk sirkulasi udara, namun sirkulasi udara sudah ada di dalam mobil tanpa harus membuka kaca.

Baca Juga: Ini Sebabnya Mengapa Perlu Mengangkat Wiper Kala Parkir di Ruang Terbuka

“Saat parkir, kaca diturunkan sedikit tentunya hanya mitos saja. Mungkin tujuannya adalah agar ada sirkulasi udara, tapi sebenarnya sirkulasi udara di dalam mobil sudah ada,” ucap Sapta.

“Menurunkan kaca mobil justru bisa jadi kontra produktif, sebab bisa jadi kemasukan benda asing atau justru memicu tindak kejahatan. Kondisi ini akan semakin parah jika mobil di garasi tanpa atap seperti car port di depan rumah,” tambahnya dilansir dari Kompas.com.

Selain mengundang kejahatan, parkir dengan membuka kaca mobil juga dapat berpotensi kemasukan benda asing. Kabin mobil juga bisa terkena air apabila hujan turun. Oleh karena itu, alternatif lain yang bisa dilakukan adalah membuka kaca mobil saat pengemudi hendak masuk ke dalam mobil. Pengemudi juga bisa membuka kaca sambil menyalakan AC untuk mengeluarkan udara panas dari dalam mobil.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas