Apa Perlu Overhaul Mesin Ketika Membeli Mobil Bekas?

Ditulis oleh : admin | 8 February 2022

Apa Perlu Overhaul Mesin Ketika Membeli Mobil Bekas?

momobil.id – Butuh banyak persiapan untuk pemeriksaan unit ketika membeli mobil bekas dibandingkan dengan membeli mobil baru. Tidak semua mobil bekas memiliki kondisi yang bagus, terutama pada bagian mesin. Terkadang bisa saja ditemukan permasalahan terhadap mesin pada mobil bekas. Guna memastikan kondisi mesin masih bagus, biasanya disarankan untuk melakukan overhaul pada mobil bekas. Namun, perlukah melakukan overhaul?

Menurut Imam Choiri selaku pemilik bengkel AP Speed, overhaul dilakukan dengan cara membongkar mesin dan memeriksa seluruh komponen pada mesin. Kemduian, bagian komponen mesin dicek masin-masing hingga menemukan permasalahannya. Menurutnya, Overhaul biasanya dilakukan apabila mobil sudah berusia lebih dari lima tahun. Namun, masih sering ditemukan mobil di atas lima tahun belum pernah melakukan overhaul.

“Konsumen mobil bekas perlu mempertimbangkan overhaul, terutama jika mobil akan sering digunakan. Biasanya masalah ada pada ring piston atau silinder pada blok mesin, bisa juga batang piston, poros engkol, sistem pengabutan, dan sebagainya,” ujar Imam dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga: Penjelasan Mengenai Tune Up dan Manfaatnya Bagi Mobil

Overhaul disarankan bagi mobil dengan mesin yang sering mengalami masalah dan kerap muncul asap hitam atau suara aneh pada mesin. Sementara untuk mesin mobil bekas dengan perawatan yang rutin dan kondisi yang baik sebaiknya tidak melakukan overhaul. Untuk kondisi mesin tersebut, disarankan cukup melakukan service ringan agar performa kendaraan dapat kembali sempurna. Pemilik mobil cukup melakukan penyegaran pada sektor pengapian, pasokan BBM, penyalur daya, dan bagian kaki-kaki.

“Hal utama yang harus diperhatikan adalah busi. Enggak ada salahnya pemilik kendaraan untuk mengganti busi agar bisa kembali memercikkan api dengan sempurna. Kemudian saringan udara, komponen ini harus dipastikan bersih supaya udara yang masuk tidak mengalami hambatan.” kata Imam dilansir dari Kompas.com

Selain bagian pengapian, bagian kaki-kaki juga harus dilakukan pengecekan agar kondisi mobil tetap prima. Periksa bagian bearing roda, apabila aus dan tidak bisa bergulir dengan lancar, maka komponen tersebut harus diganti. Selain membuat konsumsi bahan mobil menjadi lebih irit, penggantian bearing roda juga dapat membuat injakan pedal menjadi lebih perlahan dan lembut.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas