Apa Saja Komponen Utama Pada Sebuah Mobil Listrik?

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 1 November 2020

Apa Saja Komponen Utama Pada Sebuah Mobil Listrik?

momobil.id – Mobil listrik disebut sebagai kendaraan ramah lingkungan karena tak memiliki emisi gas buang. Sebagai kendaraan non bahan bakar minyak, mobil listrik tentu memiliki beberapa perbedaan pada komponen utama dibanding mobil konvensional.

Perbedaan pertama pada komponen utama mobil listrik yakni dari sisi sumber energi. Jika mobil konvensional mengandalkan sumber tenaga dari bahan bakar minyak, mobil listrik menjadikan baterai sebagai sumber tenaganya. Baterai mobil listrik menyimpan energi untuk kemudian dialiri ke motor yang akan menggerakkan roda. Selain itu baterai ini juga dipakai untuk menghidupkan komponen elektrikal kendaraan seperti lampu dan AC.

Seperti dilansir Liputan6.com, saat ini baterai untuk kendaraan listrik yang paling umum adalah lithium ion. Namun ada juga teknologi lain seperti baterai solid state, aluminium ion, lithium sulfur, dan metal-water.

Komponen penting berikutnya pada mobil listrik adalah motor controler. Komponen ini mengatur sepenuhnya pengoperasian kendaraan listrik dan distribusi tenaganya. Ia memonitor semua yang berkaitan dengan elektrik kendaraan. Dilengkapi dengan mikroprosesor canggih, komponen ini juga bisa membatasi atau bahkan mengalihkan arus listrik, menyesuaikan dengan gaya mengemudi pengendaranya.

Selanjutnya ada drive system atau sistem penggerak yang berfungsi menyalurkan energi mekanik ke roda, yang mana ujung dari penggerak roda itu adalah motor. Dalam hal ini, umumnya motor tersemat pada semua roda. Pada kendaraan konvensional, energi ditransfer melalui transmisi.

Baca juga: Mengenal Sejarah, Cara Kerja, dan Jenis Mobil Hybrid

Adapun hal lain yang biasa disematkan pada mobil listrik adalah pengereman regeneratif yang menjadi solusi terkait terbatasnya stasiun pengisian listrik. Perangkat ini sederhananya adalah komponen yang dapat mengkonversi gesekan pada saat pengereman menjadi energi listrik dan kemudian menyimpannya untuk digunakan di lain waktu.


Kembali ke atas