Apakah Filter Oli Mobil Bisa Dibersihkan?

Ditulis oleh : Helen Birgitta

07 Aug 2019

momobil.id - Agar bisa bekerja dengan sempurna, setiap mobil membutuhkan bahan bakar dan udara yang bersih. Begitu juga dengan pelumasnya, atau yang lebih dikenal dengan nama oli. Untuk menjaga kebersihan, komponen penampung bahan bakar, udara dan oli biasanya diberi saringan atau filter pada jalurnya. Tujuannya, untuk menyaring partikel yang mungkin terkandung di dalamnya.

Saat saringan atau filter udara sudah kotor, maka mekanik akan membersihkannya dengan angin bertekanan. Karena dari bahan kertas, maka kotoran dapat dibuang dengan mudah.

Namun, hal itu tidak bisa dilakukan pada saringan bahan bakar dan oli. Sebab, proses pembuatan dan bahan yang digunakan pada keduanya, berbeda dengan saringan udara.

Filter oli mobil tidak dirancang untuk bisa dibersihkan. Menyemprotnya dengan angin bertekanan tinggi atau membersihkannya dengan air, tak akan mengembalikan performa komponen tersebut. Hal itu dikatakan oleh Marketing Manager Evalube, Ivan Rastianto.

Baca Juga: Ingin Mobil Bekas Bertenaga Prima? Coba Toyota Camry

“Saringan oli itu bukan dibersihkan, tapi diganti. Biasanya, dua kali ganti oli harus ganti saringannya. Harus diganti, karena fungsinya sebagai tempat terbawanya kotoran dari mesin,” ujarnya seperti dilansir VIVA.

Ivan juga menjelaskan bahwa jika pemilik kendaraan mengganti pelumas dengan brand lain, maka disarankan agar filter oli mobil juga diganti dengan yang baru.

“Bisa dua kali ganti oli, baru ganti filter, asal brand oli yang sama. Tapi kalau ganti brand oli, disarankan ganti filter juga, walaupun baru digunakan satu kali,” tuturnya.

Adapun untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli, pemilik mobil bisa melihatnya di buku manual yang diberikan pabrikan mobil. Ketika mengganti oli, sebaiknya filter oli juga diganti karena harganya hanya seperlima dari harga oli itu sendiri. Sebagai contoh, jika harga oli Rp500 ribu, maka harga filter oli hanya berkisar Rp50 ribu.

Sumber gambar: Premium Guard

  • Auto Lifestyle (Display)
  • filter oli mobil
  • ganti oli mobil
  • harga filter oli
  • harga oli mobil
  • periode ganti oli

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

JAKARTA BARAT

2013
Manual

92 juta

JAKARTA BARAT

2014
Otomatis

178 juta

JAKARTA BARAT

2015
Manual

178 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More