Apakah Filter Oli Mobil Bisa Dibersihkan?

Ditulis oleh : Helen Birgitta | 7 August 2019

Apakah Filter Oli Mobil Bisa Dibersihkan?

momobil.id – Agar bisa bekerja dengan sempurna, setiap mobil membutuhkan bahan bakar dan udara yang bersih. Begitu juga dengan pelumasnya, atau yang lebih dikenal dengan nama oli. Untuk menjaga kebersihan, komponen penampung bahan bakar, udara dan oli biasanya diberi saringan atau filter pada jalurnya. Tujuannya, untuk menyaring partikel yang mungkin terkandung di dalamnya.

Saat saringan atau filter udara sudah kotor, maka mekanik akan membersihkannya dengan angin bertekanan. Karena dari bahan kertas, maka kotoran dapat dibuang dengan mudah.

Namun, hal itu tidak bisa dilakukan pada saringan bahan bakar dan oli. Sebab, proses pembuatan dan bahan yang digunakan pada keduanya, berbeda dengan saringan udara.

Filter oli mobil tidak dirancang untuk bisa dibersihkan. Menyemprotnya dengan angin bertekanan tinggi atau membersihkannya dengan air, tak akan mengembalikan performa komponen tersebut. Hal itu dikatakan oleh Marketing Manager Evalube, Ivan Rastianto.

Baca Juga: Ingin Mobil Bekas Bertenaga Prima? Coba Toyota Camry

“Saringan oli itu bukan dibersihkan, tapi diganti. Biasanya, dua kali ganti oli harus ganti saringannya. Harus diganti, karena fungsinya sebagai tempat terbawanya kotoran dari mesin,” ujarnya seperti dilansir VIVA.

Ivan juga menjelaskan bahwa jika pemilik kendaraan mengganti pelumas dengan brand lain, maka disarankan agar filter oli mobil juga diganti dengan yang baru.

“Bisa dua kali ganti oli, baru ganti filter, asal brand oli yang sama. Tapi kalau ganti brand oli, disarankan ganti filter juga, walaupun baru digunakan satu kali,” tuturnya.

Adapun untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli, pemilik mobil bisa melihatnya di buku manual yang diberikan pabrikan mobil. Ketika mengganti oli, sebaiknya filter oli juga diganti karena harganya hanya seperlima dari harga oli itu sendiri. Sebagai contoh, jika harga oli Rp500 ribu, maka harga filter oli hanya berkisar Rp50 ribu.

Sumber gambar: Premium Guard


Kembali ke atas