Mitsubishi Perkenalkan Konsep e:Motion Pada Xpander dan Xpander Cross Hybrid, Apa Fungsinya?

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 1 February 2024

Mitsubishi Perkenalkan Konsep e:Motion Pada Xpander dan Xpander Cross Hybrid, Apa Fungsinya?

momobil.id – Mitsubishi Thailand memperkenalkan konsep e:Motion yang disematkan pada model Xpander dan Xpander Cross Hybrid. Apa fungsinya?

Pada dasarnya, konsep e:Motion adalah penerapan teknologi hybrid yang disematkan Mitsubishi pada kedua model Xpander ini. Teknologi hybrid yang ditanamkan berjenis strong hybrid, yakni kombinasi mesin bensin, baterai tambahan, dan motor listrik penggerak.

Konfigurasi ini membuat Xpander dan Xpander Cross Hybrid mampu melaku dalam berbagai situasi seperti full EV, hybrid series, hybrid paralel, hingga regenerative. Perpindahannya diatur secara otomatis menyesuaikan gaya berkendara.

“Sistemnya secara otomatis menentukan gaya berkendara yang optimal. Dia bisa berfungsi dengan hanya EV mode menggunakan motor listrik penggerak, lalu menggunakan kombinasi mesin bensin dan motor listrik penggerak sekaligus, atau bisa hanya mengandalkan mesin bensin melalui motor listrik penggerak,” ujar Chief Product Specialist Mitsubishi Motors Corporation (MMC), Masahiro Ito.

Ada juga regenerative brake yang berfungsi mengubah energi kinetik menjadi listrik lalu disimpan ke baterai. Jantung mekanisnya terlihat baru, disebutkan disuplai oleh mesin MIVEC 1.6 alias kemungkinan berkubikasi 1.600 cc.

Sementara baterai tambahannya diletakkan di bagian bawah jok pengemudi dan penumpang depan dengan posisi melintang. Mitsubishi mengklaim adanya baterai tambahan yang cukup besar tak mempengaruhi ruang kabinnya.

Xpander dan Xpander Cross Hybrid juga dilengkapi dengan pilihan modus berkendara yang mirip juga ditemui pada Xforce, tetapi dengan sedikit tambahan. Totalnya ada 7 yakni Charge, EV, Normal, Tarmac, Gravel, Mud, dan Wet.

Dengan kata lain, Xpander dan Xpander Cross Hybrid ini bisa berjalan layaknya mobil listrik. Fitur lainnya yang tersedia adalah Active Yaw Control (YAW) tetap tersedia, selebihnya ada Traction Control, Acceleration Control, dan Steering Control.

Baca juga: LCGC 7-Seater Masih Jadi Favorit Masyarakat, Daihatsu Sigra Terjual Paling Banyak Sepanjang 2023

Mitsubishi memberikan garansi untuk sistem hybrid mereka di Xpander dan Xpander Cross selama 5 tahun dan garansi baterai selama 10 tahun.

Banderolnya mulai 912 ribu Baht atau sekitar Rp405,5 jutaan untuk Xpander HEV dan 946 ribu Baht atau sekitar Rp420,6 jutaan untuk Xpander Cross HEV. Namun banderol varian hybrid ini hanya bertahan sampai 7 April 2024 mendatang karena merupakan harga perkenalan.

mobil terkait

Rp 330.000.000

Individu

JAMBI

Rp 205.000.000

Individu

TANGERANG

Rp 215.000.000

Individu

MAKASSAR

Rp 204.000.000

Individu

JAKARTA UTARA

Rp 200.000.000

Individu

TANGERANG

Rp 220.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas