Arti Lampu Indikator dan Dampaknya pada Kenyamanan Berkendara

Berita Otomotif | Tips Mobil

 

Mobil-mobil modern saat ini sudah dilengkapi oleh lampu-lampu indikator yang menjadi tanda terjadinya kerusakan pada salah satu sistem kendaraan. Lampu indikator terletak pada panel instrumen yang menyatu dengan speedometer dan tachometer. Kenali arti lampu indikator mobil Anda agar memahami apa yang terjadi dan melakukan antisipasi yang dibutuhkan.

1. Lampu indikator mesin
Dalam kondisi normal, lampu indikator ini akan menyala saat memasukkan kunci dan memutarnya di kondisi standby. Dan sewaktu di-starter, lampu indikator ini menyala kemudian mati seiring derum suara mobil terdengar. Tetapi ketika distarter kondisi lampu indikator tetap menyala meski suara mesin berbunyi, pertanda ada masalah yang terjadi baik di mesin maupun kelistrikan mobil. Arti lampu indikator check engine ini besar manfaatnya untuk mengetahui masalah sejak awal. Jika Anda paham mesin, dapat mengecek sendiri permasalahannya, tetapi jika tidak, maka serahkan pada ahlinya.

2. Lampu indikator sabuk pengaman
Keamanan dalam berkendara adalah hal yang paling utama. Oleh karena itu, tiap produk otomotif keluaran terakhir telah melengkapi indikator seat belt dengan penanda bunyi. Tujuannya agar pengguna mobil dapat mengetahui kealpaannya. Indikator lampu dan bunyi umumnya akan menyala bila bangku pengemudi dan penumpang di sampingnya belum memasang seat belt.

3. Lampu indikator bahan bakar
Jika lampu indikator ini menyala, itu artinya bahan bakar di tangki terlalu sedikit dan hampir habis. Biasanya, tanda ini menyala ketika isi tangki tersisa seperdelapannya. Ada dua kondisi peringatan: lampu menyala merah atau berkedip. Segeralah mengisi BBM ke SPBU terdekat agar tidak kehabisan.

4. Lampu indikator oli
Bila tekanan oli kurang, maka lampu indikator ini akan otomatis menyala. Bentuk lampunya seperti tetesan air, dan akan menyala merah jika ternyata oli bermasalah. Jika dipaksakan, dampaknya mesin mobil akan cepat rusak dan membuat kinerjanya kurang optimal. Ingat, kondisi volume oli pada mesin harus selalu stabil untuk kesehatan mesin mobil Anda. Jika lampu indikator ini menyala, segera melakukan penambahan atau penggantian oli.

5. Lampu indikator temperatur
Panasnya mesin akan membuat lampu indikator ini menyala. Untuk mengatasinya matikan AC, lampu, dan sistem hiburan pada mobil Anda. Menepi dan hubungi mekanik dari bengkel resmi. Jika Anda berinisiatif ingin menambahkan cairan pendingin, tunggu setidaknya 30 menit sampai radiator lebih dingin.

Tentunya, selain lima lampu indikator di atas, masih banyak lampu indikator lainnya yang harus Anda pahami sebaik mungkin. Bacalah buku panduan yang disediakan pabrikan mobil Anda. Dengan memahami arti lampu indikator pada mobil, Anda akan mendapatkan jaminan kenyamanan berkendara, sekaligus menjaga Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan saat di perjalanan.

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

Berita Terbaru

  • 4 Cara Cerdik Mencari Toko Sparepart Mobil Terbaik
    • 10 Dec 2018
  • Dandani Mobil Bekas Anda dengan Teknologi Audio System Canggih Terbaru
    • 10 Dec 2018
  • 4 Desain Longlast Mobil Bekas Berkelas
    • 06 Dec 2018
  • Cari Tahu 4 Keunggulan Mobil Honda
    • 06 Dec 2018
  • Jangan Abaikan 4 Hal Ini Saat Membeli Mobil Bekas di Akhir Tahun
    • 05 Dec 2018