Penyebab Keluarnya Warna Aneh dari Knalpot Mobil Matic

Ditulis oleh : admin | 24 April 2019

Penyebab Keluarnya Warna Aneh dari Knalpot Mobil Matic

Knalpot Mobil | Tips & Trick

Mobil yang mengeluarkan banyak asap sangatlah tidak nyaman dikendarai. Selain itu, banyaknya asap yang diproduksi oleh mobil juga menjadi penanda bahwa ada kerusakan pada mesin mobil.

Tidak jarang, di jalanan Anda menemukan berbagai mobil dengan asap yang dikeluarkan dari knalpotnya. Mulai dari asap berwarna putih hingga asap berwarna hitam semuanya ada di jalanan. Anda patut waspada karena jika hal ini terjadi pada mesin mobil Anda, maka Anda harus segera memeriksa knalpot mobil, karena pasti ada yang salah.

Kali ini momobil.id akan membahas beberapa penyebab mobil pribadi bisa mengeluarkan asap berdasarkan warnanya.

Asap Berwarna Hitam
Asap mobil yang berwarna hitam ternyata memiliki beberapa penyebab:

Adanya kelebihan bahan bakar yang masuk ke ruang silinder, sehingga bahan bakar tidak bisa dibakar sepenuhnya di ruang bakar. Jika asap hitam keluar dari ujung knalpot, maka Anda akan mendapati bahan bakar yang boros.

Karburator tidak disetel dengan baik atau kurang tepat. Juga, adanya fuel pump yang rusak, dan sensor bahan bakar yang kacau, sehingga dapat menyebabkan ECU menyemprotkan bahan bakan lebih banyak.

Asap Berwarna Biru
Asap mobil berwarna biru yang keluar dari ujung knalpot juga memiliki beberapa penyebab, yakni:

Adanya oli yang masuk ke ruang pembakaran. Biasanya, ini terjadi pada mobil yang berusia di atas 5 tahun atau mobil yang sering dibawa untuk perjalanan jauh.

Oli mesin masuk ke ruang silinder lewat berbagai celah, seperti seal, gasket, o-ring yang berfungsi untuk mencegah oli untuk masuk ke ruang silinder. Kerusakan ini juga dapat terjadi pada seal yang telah getas atau ring piston yang telah rusak.

Oli yang masuk ke ruang silinder dan membuat busi basah bisa mengakibatkan kesalahan pengapian dan menyebabkan silinder yang bersangkutan tidak dapat menghasilkan pembakaran sempurna.

Asap Berwarna Putih
Asap mobil berwarna putih sebetulnya tidak termasuk dalam tanda-tanda kerusakan yang terjadi pada mesin mobil. Sifat dari mobil dengan asap putih biasanya hanya sementara dan bisa hilang dengan sendirinya.
Asap putih sendiri biasanya timbul akibat kondensasi terutama di tengah udara dingin. Namun, hal ini biasanya terjadi pada saat pagi hari atau saat mesin mobil dihidupkan setelah selama lebih dari 7-9 jam.

Namun, jika asap putih diiringi dengan bau hangus, suara knocking atau ticking, suhu mesin panas dipantau dari jarum indikator, getaran mesin yang berlebihan dan keberadaan oli mesin yang cepat habis, maka Anda harus segera membawa mobil Anda ke bengkel segera.

Penulis : Dwi Septi

Foto : IST


Kembali ke atas