Aston Martin akan Produksi Ulang Mobil “James Bond” DB5

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 10 June 2020

Aston Martin akan Produksi Ulang Mobil “James Bond” DB5

momobil.id – Ada berita baik bagi penggemar Aston Martin, khususnya penggemar Aston Martin DB5 dan film James Bond. Perusahaan mobil mewah asal Inggris ini kabarnya ingin memproduksi ulang Aston Martin DB5. Mobil ikonik ini sempat dipakai dalam film James Bond “Goldfinger” tahun 1964. DB5 sendiri terakhir diproduksi di Buckinghamshire pada tahun 1965. Kali ini, Aston Martin akan memproduksinya kembali di pabrik Newport Pagnell, Inggris. Sayangnya, DB5 yang diberi nama DB5 Goldfinger ini tidak diproduksi secara massal. Aston Martin hanya membuat nya dalam jumlah yang sangat terbatas. Untuk saat ini, DB5 Goldfinger sudah masuk jalur produksi dan akan dikirimkan ke konsumen pada semester kedua 2020.

DB5 yang diproduksi ini uniknya bukan sekedar mobil biasa. Untuk memberikan efek yang realistis, Aston Martin bekerja sama dengan Chris Corould selaku kordinator efek khusus film James Bond untuk mendesain peralatan canggih dalam kabin. Teknologi pada film James Bond seperti senapan mesin bagian depan, bom kaca, kaca antipeluru, perangkap oli, dan plat nomor yang dapat berganti juga disematkan pada mobil ini. Fitur-fitur itu sebagian ada yang sungguhan, ada juga yang sebatas replika. DB5 Goldfinger yang diproduksi ulang ini hanya akan tersedia dalam satu warna, yaitu warna “Silver Birch Paint”. Warna ini sama persis seperti yang digunakan pada DB5 milik James Bond di film Goldfinger. Dalam proses pembuatannya, mobil ini menggunakan proses pembuatan yang sama dengan DB5 sebelumnya, yaitu menggunakan bodi alumunium dan struktur sasis baja ringan.

Baca Juga : 5 Mobil Ikonik yang Bergabung di Film James Bond

Dibalik kap mesinnya, DB5 mengandalkan mesin 6 silinder berkapasitas 4.000cc. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 290dk. Mobil ini hanya tersedia dalam transmisi manual 5 percepatan dan dilengkapi dengan limited slip differential dan penggerak roda belakang. Dengan mesin yang cukup bertenaga dan fitur seperti mobil James Bond, DB5 Goldfinger dibanderol dengan harga 2,75 juta poundsterling, atau setara dengan Rp 49,5 miliar. Banderol mobil ini terbilang fantastis, mengingat mobil ini akan dijual sebanyak 25 unit saja. Untuk membuat 1 unit DB5 Goldfinger, setidaknya membutuhkan waktu sebanyak 4.500 jam.



Kembali ke atas