Awas! Ini Bahaya Bermain HP Saat Berkendara

Ditulis oleh : admin | 6 January 2017

Awas! Ini Bahaya Bermain HP Saat Berkendara

Siapa yang bisa membendung teknologi? Dengan berkembangnya teknologi, semua orang kini mulai berkomunikasi melalui dunia digital. Ditambah lagi dengan adanya sosial media, semua orang merasa perlu eksis kapan saja tanpa mengenal waktu. Nah, dengan kebutuhan untuk eksis ini, banyak orang yang masih memegang handphone nya saat sedang berkendara tanpa tahu sebenarnya ada bahaya bermain HP saat berkendara. Khusus pengendara mobil, tentu hal ini menjadi kegiatan yang cukup berbahaya sebab jika sibuk melihat layar HP, arah mobil bisa tidak beraturan dan akhirnya bisa menabrak orang lain.

Bermain HP saat berkendara
Source: hai-online.com

Apa sih Bahaya Bermain HP Saat Berkendara?

1. Anda bisa mencelakai orang lain

70% kecelakaan mobil terjadi bukan karena kecelakaan tidak bisa dihindari, melainkan karena kecerobohan pengendara mobil yang sibuk memainkan layar HP nya. Padahal, bermain HP saat membawa mobil hanya karena iseng belaka, bukan karena sesuatu yang mendesak. Maka dari itu banyak pengendara yang akhirnya terlalu fokus ke smartphone nya dan tanpa disadari akan menyenggol pengendara lainnya hingga kecelakaan tidak bisa dihindari. Jika tidak ada keperluan yang mendesak, sebaiknya Anda tidak menggunakan HP saat membawa mobil. Kalau memang benar-benar mendesak, ada baiknya Anda meminggirkan mobil dahulu sebelum memegang smartphone Anda.

2. Anda akan dikenai sanksi hukum

Jika kecelakaan sudah terjadi, maka Anda tidak hanya akan merugikan orang lain, tapi juga merugikan diri sendiri. Sebab ada ganjaran hukum yang Anda terima jika terbukti tidak berhati-hati dalam membawa kendaraan. Seperti didalam UU No.2 tahun 2009 yang mengatakan : Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

3. Kendaraan bisa ditahan dalam waktu yang lama

Apakah Anda sangat mengandalkan mobil Anda sekarang untuk keperluan kerja dan sebagainya? Nah, jika terjadi kecelakaan gara-gara bahaya bermain HP saat berkendara, maka Anda tidak hanya dikenai sanksi hukum, tapi juga kendaraan Anda akan ditahan polisi dalam waktu yang lama. Jika sudah begitu, tentu satu-satunya mobil andalan dalam keluarga Anda tidak bisa dipakai lagi oleh anggota keluarga lainnya.

Itulah 3 bahaya bermain HP saat berkendara yang mempunyai kerugian beruntun untuk Anda dan orang lain. Maka dari itu, mulai sekarang ada baiknya Anda merubah kebiasaan buruk tersebut dan jadilah seorang pengendara yang bijak sehingga berbagai hal yang tidak diinginkan tidak akan pernah terjadi.

mobil terkait

Rp 138.000.000

Individu

JEMBER

Rp 114.000.000

Individu

JEMBER

Rp 107.000.000

Individu

JEMBER

Rp 111.000.000

Individu

JEMBER

Rp 151.000.000

Individu

JAKARTA SELATAN

Rp 110.000.000

Individu

JAKARTA SELATAN


Kembali ke atas