Bagaimana Cara Kerja Kopling Mobil? Berikut Penjelasannya

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 18 August 2020

Bagaimana Cara Kerja Kopling Mobil? Berikut Penjelasannya

momobil.id – Bagi pengguna mobil terutama transmisi manual, tentunya harus mengetahui komponen penting yang satu ini. Kopling merupakan penghubung antara poros engkol dengan gigi transmisi mobil. Fungsinya sendiri sebagai pemindah tenaga mesin ke transmisi sehingga bisa diubah ke tingkat kecepatan sesuai yang diinginkan.

Agar lebih memahami bagaimana cara kerja kopling mobil, berikut penjelasan singkat bagaimana kopling tersebut bekerja ketika diinjak dan pengaruh mekaniknya ke mesin mobil.

Ketika pedal kopling diinjak

Saat pengendara mobil menginjak pedal kopling, release fork (tuas pembebas) akan menekan release bearing. Hal tersebut juga menekan diafragma spring dan pegas akan mengungkit pressure plate sehingga plat kopling akan terbebas dari putaran mesin.

Ketika pedal kopling dilepas

Pada saat pedal kopling dilepas, maka release fork akan kembali ke posisi awal dan tidak ada tekanan ke diafragma spring saat seperti ketika diinjak. Selanjutnya putaran mesin akan diteruskan ke transmisi.

Cara kerja kopling mekanik

Ketika mesin dinyalakan, kemudian perseneling masuk namun handle kopling tidak ditarik maka kopling akan menghubungkan putaran mesin ke poros primer. Putaran poros tersebut akan dilanjutkan oleh gigi primer sehingga rumah kopling dan kanvas ikut berputar.

Ketika mesin dinyalakan kemudian perseneling masuk dan handle kopling ditarik, maka yang terjadi adalah tali kopling menarik tuas dan mendorong tutup pegas. Selanjutnya plat dasar dapat mundur dan plat-plat penjepit kanvas kopling akan meregang, putaran mesin hanya sampai pada kanvas kopling. Hal inilah yang membuat fungsi kopling sebagai pemutus hubungan.

Baca juga: Apa Jadinya Jika Mobil Listrik Menerobos Banjir?

Saat Anda melakukan pemindahan gigi mobil maka yang terjadi adalah pedal perseneling terdapat tekanan dan handle kopling akan memutar pengangkat, hal ini menyebabkan posisi peluru memiliki penahan bola sehingga pengangkat terdorong dan mendorong kopling ke arah luar.

Cara kerja kopling otomatis

Kopling otomatis diatur oleh tinggi rendahnya putaran mesin dari mobil itu sendiri. Sama seperti kopling mekanik, pada kopling jenis ini pun memiliki kedudukan poros engkol dan poros primer. Cara kerjanya pun juga sama, yang berbeda hanya pada alat khusus yang menggantikan perlengkapan handle.(Dwi Septi)



Kembali ke atas