Bagi Mobil yang Punya Sunroof, Perhatikan Hal Ini ketika Parkir

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 1 January 2021

Bagi Mobil yang Punya Sunroof, Perhatikan Hal Ini ketika Parkir

momobil.id – Meski tak semua mobil memiliki fitur ini, beberapa pabrikan menambahkan fitur sunroof di model-model tertentu. Bagi mobil yang memiliki sunroof, pemilik kendaraan sebaiknya mengetahui beberaa tips ketika mobilnya sedang parkir di luar ruangan.

Salah satu cara termudah untuk merawat sunroof yakni memperhatikan lokasi parkir mobil. Salah pilih tempat parkir bisa bikin sunroof rusak akrena paparan sinar matahari, khususnya di kawasan tropis.

Seperti dilansir Medcom.id yang mengutip laman resmi Vkool, sunroof bisa rusak karena sering terjemur sinar matahari secara langsung, karet bisa menjadi keras. Akibatnya, lama-kelamaan proses buka tutup kaca dapat menjadi tersendat dan menjadi kurang rapat dalam menutup sunroof tersebut.

Mobil yang memiliki komponen kaca di bagian atap sebaiknya diberi perhatian lebih dengan selalu diupayakan diparkir di tempat teduh atau tidak terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini demi tetap menjaga komponen karet tetap lentur untuk jangka waktu yang lebih lama.

Baca juga: Ini Komponen yang Perlu Diganti ketika Perawatan Berkala Mobil Listrik

Auto2000 juga pernah menyarankan untuk menjaga kebersihan di area karet. Bila ada kotoran yang menempel, jangan ditunda untuk dibersihkan. Begitu juga rel penggerak buka dan tutup sunroof yang dioperasikan menggunakan motor elektrik. Pemilik kendaraan bisa membersihkan sendiri jalur rel tersebut dari debu atau kotoran lainnya tanpa harus repot pergi ke bengkel spesialis.

Tips berikutnya yang bisa dicoba untuk melindungi mobil dengan sunroof ketika parkir yakni memanfaatkan penggunaan kaca film di kaca sunroof. Pada beberapa model sunroof, luasnya bisa mencapai hampir setengah dari bidang atap. Sehingga adanya penolak panas dari kaca film menjadi sebuah keuntungan dalam melindungi dari panas.


Kembali ke atas