Bahaya Menginjak Rem Mobil Terus Menerus di Jalanan Menurun

Ditulis oleh : redaksi | 3 March 2020

Bahaya Menginjak Rem Mobil Terus Menerus di Jalanan Menurun

momobil.id – Rem memang sangat diperlukan ketika berkendara di jalanan menurun. Tetapi bukan berarti bisa digunakan secara terus-menerus. Menurut penjelasan dari Onsert Ophirio selaku Dealer Skill Development Manager Honda Prospect Motor (HPM), penggunaan rem secara terus menerus justru dapat mengakibatkan rem blong.

Kondisi rem blong inilah yang akan membahayakan keselamatan pengemudi maupun pengguna jalan lainnya. Karena itu, hindari menginjak rem secara terus menerus dalam waktu yang lama karena mengakibatkan rem panas dan performanya menjadi menurun sehingga terjadilah rem blong.

Agar tak menginjak rem secara terus menerus, Onsert menyarankan pengemudi kendaraan untuk memakai transmisi rendah ketika melintas di jalanan yang turun. Usahakan untuk menggunakan gigi satu pada mobil manual, atau bisa menggunakan L2 atau tiga pada mobil matik. Hal ini bertujuan supaya mobil ikut tertahan pada putaran mesin.

Onsert pun menegaskan, apabila benar-benar mengerem maka injaklah rem dan kemudian dilepaskan. Jangan menginjak rem secara terus menerus. Sementara menurut Didi Ahadi selaku Techical Support Manager Toyota Astra Motor (TAM), cara mengemudi yang salah juga bisa menimbulkan rem blong ketika rute menurun. Terlebih lagi pada mobil dengan transmisi matic.

Ia pun mengaskan bahwa ada banyak pengemudi mobil matic yang lupa memindahkan tuas transmisi ketika melintasi rute menurun. Para pengemudi matic tetap memasang tuas pada posisi D (Drive). Hal tersebut tentunya akan berbeda pada mobil bertransmisi manual yang biasanya langsung berpindas tuas ke posisi rendah.

Didi juga menegaskan apabila tidak memindahkan tuas transmisi pada mobil matic, hal ini dapat memicu terjadinya vapor lock atau mendidihnya minyak rem sehingga berefek pada timbulnya butiran air yang mengkaibatkan rem menjadi blong.

“Disarankan mobil transmisi matik saat turunan terjal menurunkan gigi. Seandainya hanya menginjak rem, yang menahan beban dan menghentikan laju mobil kan hanya sistem rem saja, bukan dibantu dari mesin,” ujar Didi seperti dilansir Kompas.com.

Baca juga: Ini Dampaknya Jika Mobil Bermesin Bensin Terisi Bahan Bakar Solar

Nah, itulah informasi mengenai bahaya menginjak rem mobil secara terus menerus ketika berada di jalanan menurun. Semoga bermanfaat!(Dwi Septi)

Sumber gambar: Shutterstock



Kembali ke atas