Bahaya Saat Berkendara, Ini Tips Mengatasi Microsleep

Ditulis oleh : admin | 5 January 2022

Bahaya Saat Berkendara, Ini Tips Mengatasi Microsleep

momobil.id – Ketika berpergian jauh, seringkali pengemudi merasa lelah dan kantuk. Bahkan terkadang pengemudi kehilangan perhatian saat berkendara. Hal ini disebut sebagai microsleep. Kondisi microsleep seringkali menjadi salah satu penyebab dari kecelakaan. Microsleep biasanya terjadi kurang dari 30 detik, dimana pengemudi tertidur tanpa menyadari. Biasanya gejala microsleep muncul ditandai dengan gerakan kepala dan mengedipkan mata terlalu sering. Berikut ini adalah tips untuk mengatasi microsleep saat berkendara agar lebih aman dan terhindar dari kecelakaan.

Minum Kopi untuk Mengatasi Microsleep

Salah satu cara yang dilakukan untuk menghilangkan rasa ngantuk adalah dengan mengonsumsi kopi atau kafein. Dengan minum kopi sebelum berkendara, pengendara menjadi lebih fokus saat berkendara. Efek kafein akan muncul 30 menit setelah mengonsumsi kopi.

Tidur Cukup Sebelum Berkendara

Istirahat yang cukup sebelum berkendara tentunya membantu mencegah microsleep. Selain badan menjadi lebih segar, pikiran juga akan lebih fokus apabila seseorang beristirahat sebelum melakukan sesuatu. Disarankan untuk tidur cukup antara 7-9 jam untuk mencegah rasa kantuk saat berkendara.

Baca Juga: Tips Mengatur Posisi Mengemudi agar Nyaman Saat Berkendara

Istirahat Sejenak Ketika Mengalami Microsleep

Apabila rasa kantuk datang saat berkendara jauh, maka lebih baik berhenti sejenak untuk beristirahat. Ketika bepergian jauh, pengemudi harus dalam kondisi prima. Oleh karena itu, pengemudi disarankan untuk beristirahat 1-2 jam sekali ketika berkendara jauh. Selain beristirahat, pengemudi juga disarankan untuk melakukan peregangan selama 10-15 menit saat beristirahat. Hal ini tentunya akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan mengurangi rasa kantuk.

Beraktivitas saat Berkendara

Salah satu tips untuk mengatasi microsleep saat berkendara adalah dengan beraktivitas. Contohnya dengan mengobrol, memutar musik, atau makan cemilan. Melakukan aktivitas lain disela mengemudi tentunya membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Hal ini dapat mengurangi rasa kantuk saat berkendara.

Posisi Duduk yang Tepat Saat Mengemudi

Pengemudi perlu memperhatikan posisi duduk saat mengemudi. Sebab posisi duduk yang nyaman dan tepat dapat mengatasi microsleep. Namun, posisi duduk yang nyaman bukan berarti posisi duduk yang dibuat santai. Pengemudi disarankan untuk menyetel bangku pada sudut 90%. Posisi duduk tersebut cukup ampuh untuk mengatasi rasa kantuk.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas