Ban Berteknologi RFT, BMW Siapkan Bengkel Siaga di Jalur Mudik

Ditulis oleh : admin | 23 May 2019

Ban Berteknologi RFT, BMW Siapkan Bengkel Siaga di Jalur Mudik

momobil.id – Pada gelaran Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 lalu, BMW Group Indonesia mengungkapkan bahwa penjualan produknya meningkat selama Ramadan 2019. Rata-rata konsumen yang melakukan pemesanan mengaku akan menggunakan mobil BMW tersebut untuk melintasi jalur mudik ke kampung halaman.

Melihat banyaknya konsumen BMW yang menggunakan produknya saat mudik Lebaran 2019, BMW pun menyiapkan beberapa bengkel siaga yang ditempatan di beberapa titik jalur mudik. Hal ini dilakukan untuk memberi kenyamanan pada para konsumen selama menempuh perjalanan mudik.

Menurut Vice President Sales BMW Group Indonesia, Bayu Rianto, pihaknya berkonsentrasi pada ban mengingat mobil BMW menggunakan teknologi run flat tyre (RFT). “Karena menggunakan ban run flat tyre, otomatis tidak ada dongkrak di mobil. Karena itu kami siapkan bengkel siaga yang bisa digunakan konsumen saat darurat. Saya lupa titiknya di mana saja, tapi yang pasti di jalur utama mudik,” ujar Bayu seperti dilansir Kompas.com.

Selain menyiagakan bengkel, BMW juga menggelar program menarik seperti pemberian voucer bensin dan e-money untuk pembelian unit sepanjang Mei 2019.

Mengenal teknologi RFT

Ban dengan teknologi RFT sebenarnya bukanlan barang baru. Bridgestone yang merupakan salah satu perusahaan ban ternama, telah menggunakan teknologi ini sejak tahun 1987.

Pada dasarnya, teknologi RFT dibuat dengan tujuan mengurangi potensi kecelakaan. Ketika ban pecah atau tiba-tiba kehilangan tekanan angin, pengemudi biasanya kaget dan mobil sulit dikendalikan. Kondisi ini yang kemudian menyebabkan kecelakaan lalu-lintas.

Dengan penggunaan teknologi RFT, mobil tetap stabil dan bisa digunakan dalam keadaan tekanan angin habis total hingga kecepatan 80 km/jam. Namun teknologi ini tak bisa diterapkan di semua jenis kendaraan. RFT baru bisa digunakan pada mobil yang memiliki sensor.

Baca Juga: Mau lewat tol Trans Jawa saat mudik? Ini daftar tarifnya

Sensor tersebut biasanya ditempatkan pada sistem pengereman Anti-lock Brake System (ABS) atau pada bagian lingkar ban itu sendiri. Seandainya ban tiba-tiba pecah, maka sistem RFT ini akan otomatis berfungsi. Sebagai informasi, ban dengan teknologi RFT biasa diterapkan pada kendaraan-kendaraan CBU seperti BMW.

Penulis: Danang Setiaji

Sumber gambar: Thompson BMW

mobil terkait

Rp 187.000.000

Individu

BEKASI

Rp 105.000.000

Individu

BEKASI

Rp 187.000.000

Individu

BEKASI

Rp 225.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 305.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 169.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas