Ban Ini Bisa Memompa Sendiri! Tak Repot Lagi Cari Tukang Tambal Ban

Ditulis oleh : Farah Diba Agustine

9 October 2019

Ban Ini Bisa Memompa Sendiri! Tak Repot Lagi Cari Tukang Tambal Ban

momobil.id – Perkembangan teknologi di dunia otomotif terus mengalami kemajuan. Kabar terbaru mengenai perkembangan teknologi tersebut kali ini datang dari Continental selaku perusahaan manufaktur di bidang otomotif yang memperkenalkan ban mobil baru. Perusahaan asal Jerman tersebut memperkenalkan konsep inovatif berupa ban mobil yang mampu memompa sendiri saat sedang bergerak.

Melansir Carscoops, ban ini dijuluki dengan nama C.A.R.E. (Connected. Autonomous. Reliable. Electrified) dan memiliki fitur sensor yang dapat menyajikan dan mengevaluasi data sesuai dengan kondisi ban, seperti kedalaman tapak, potensi kerusakan, suhu, dan tekanan  ban. Semua informasi tersebut dapat dipantau melalui ContiConnect Live.

ContiConnect Live merupakan aplikasi yang dapat membantu pemilik mobil untuk memantau ban mobilnya secara digital melalui smartphone. Namun, sensor tersebut bukanlah fitur utama yang ingin diperkenalkan pada konsep ban ini. Melainkan adanya pompa sentrifugal yang memungkinkan ban ini dapat memompa sendiri sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan.

Penggunaan pompa sentrifugal tersebut tak lain karena adanya gaya sentrifugal (gaya ke arah luar) yang dihasilkan roda saat kendaraan berakselerasi. Besar gaya sentrifugal bergantung pada massa benda, kecepatan berputar, dan jari-jari lintasan.

Kapasitas yang akan diberikan oleh pompa sentrifugal akan sebanding dengan putaran. Tekanan yang akan dipompa juga akan sebanding dengan dua kali lipat kecepatan putar. Maka dari itu, Continental menjelaskan adanya teknologi PressureProof yang dapat memastikan ban mobil agar selalu dalam tekanan yang tepat agar dapat meningkatkan efisiensi berkendara dan menurunkan emisi CO2. Sebagai informasi, ban yang kekurangan tekanan membuat mesin mobil bekerja lebih keras untuk menggerakkan mobil, sehingga bahan bakar yang digunakan juga akan lebih banyak, emisi CO2 pun meningkat.

Baca Juga: Ban mulai getas artinya sudah kedaluwarsa, benarkah demikian?

Seperti yang dijelaskan, ban C.A.R.E ini tidak memompa saat kondisinya sudah kempes. Namun akan terus memompa sembari menyesuaikan dengan kapasitas yang dibutuhkan ban. Setiap udara tekan berlebih yang dihasilkan oleh gaya sentrifugal akan disimpan dalam tangki terintegrasi yang dapat dengan cepat mengirim tekanan ke ban jika diperlukan.

Banyak yang bertanya-tanya soal banderol harga untuk mendapatkan ban R.A.C.E., namun Continental belum membeberkan informasi detail terkait ban canggih tersebut.

Sumber gambar: Carscoops

berita terkait lainnya

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas