Ban Mobil Terjebak Pasir, Lakukan Hal Ini Agar Bisa Keluar

Ditulis oleh : Agita Bela Hakiki | 25 November 2020

Ban Mobil Terjebak Pasir, Lakukan Hal Ini Agar Bisa Keluar

momobil.id – Ketika sedang berkunjung ke pantai, medan yang dilalui terkadang masih belum memadai. Lahan parkir yang masih seadanya juga kerap membuat pengunjung pantai memarkir kendaraannya di dekat pantai. Akibatnya, tak jarang kita menemukan ban mobil yang terjebak pasir.

Nah, apabila Sahabat Momo mengalami hal ini, sebaiknya jangan asal menginjak pedal gas. Hal ini justru bisa membuat ban mobil terjebak semakin dalam di pasir. Apalagi jika mobil yang Sahabat Momo gunakan tidak memiliki penggerak roda empat.

Langkah yang pertama yang bisa dilakukan adalah mengecek kepadatan permukaannya. Jika seperempat bagian ban sudah masuk ke dalam pasir dan mengalami selip, maka jangan memaksakan untuk menambah tenaga. Sebaliknya, jika permukaan dirasa cukup kuat, maka injak gas secara perlahan.

Baca juga: Tips Berkendara Melewati Banjir dengan Mobil

Langkah yang kedua, Sahabat Momo juga bisa menggunakan kayu atau batu untuk diselipkan ke permukaan pasir. Letakkan kayu atau batu tadi pada bagian roda penggerak sebagai alas agar ban memiliki daya cengkram yang cukup untuk keluar dari pasir. Selain diselipkan, kayu juga bisa diikatkan ke ban mobil agar lebih kuat.

Selain itu, Sahabat Momo juga bisa mengurangi tekanan ban sebanyak 20-25 persen untuk mendapatkan traksi yang cukup. Cara ini agar ban lebih menapak ketika berusaha keluar dari pasir.

Langkah terakhir adalah dengan cara menarik mobil yang terjebak dengan menggunakan mobil lain. Mintalah bantuan kepada tim khusus atau penjaga pantai yang biasanya berjaga.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa Sahabat Momo terapkan jika mobil terjebak pasir. Semoga tips ini dapat membuat perjalanan Sahabat Momo lebih aman dan nyaman.


Kembali ke atas