Ban Mulai Getas Artinya Sudah Kedaluwarsa, Benarkah Demikian?

Ditulis oleh : Farah Diba Agustine

30 September 2019

Ban Mulai Getas Artinya Sudah Kedaluwarsa, Benarkah Demikian?

momobil.id – Menjadi satu-satunya komponen mobil yang langsung menyentuh permukaan jalan, ban menjadi bagian mobil yang tidak boleh diremehkan. Kondisinya harus dijaga agar tetap prima. Salah satu caranya adalah memastikan tingkat kekerasan karet dan kondisi fisik ban tersebut. Tingkat kekerasan karet ban sering disalahartikan bahwa ban mobil sudah kadaluarsa jika kondisinya sudah getas.

Hal ini tidak tepat, karena sebenarnya ban tak memiliki waktu kadaluarsa, baik ban motor maupun ban mobil. Menurut On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal, pengerasan pada karet ban bisa terjadi setelah tiga tahun pemakaian. Hal tersebut dianggap wajar karena ban terpakai dan terus menerus terkena friksi yang membuat suhu ban berubah-ubah.

“Kalau digunakan lalu karetnya keras, itu wajar karena ada perubahan suhu. Tapi jangan dianggap kedaluwarsa, itu tidak benar. Yang paling penting masalah perawatan dan pemakaian. Selama itu dilakukan, usia pemakaian ban bisa lebih optimal,” ujar Zulpata.

Lebih lanjut Zulpata menuturkan ban tidak seperti makanan yang memiliki waktu kedaluwarsa. Pasalnya, proses pembuatan ban menggunakan bahan mentah atau material dasar karet alam atau karet sintetis serta puluhan komponen yang benar-benar matang sehingga tidak bisa basi.

Terkait angka-angka pada dinding ban, Zulpata mengatakan hal itu bukan merujuk pada periode waktu yang menandakan masa pakai ban. Angka tersebut adalah kode produksi dari pembuatan ban itu sendiri. Cara membaca kode produksi ban pun cukup mudah. Misalnya tertulis empat digit angka 0914, maka artinya ban tersebut diproduksi pada minggu ke-9 tahun 2014.

Zul menambahkan, meski ban tak memiliki masa kedaluwarsa, namun ban tetap bisa mengalami kerusakan seperti komponen lainnya pada kendara an. Faktornya cukup beragam, mulai dari kurangnya perawatan, cara pemakaian, hingga proses menyimpan ban itu sendiri. Zulpata kembali menekankan, jika memasuki tahun ketiga karet ban mulai mengalami pengerasan, maka kondisi tersebut cukup wajar karena ban terus dipakai.

Baca Juga: Daya cengkram lebih kuat, Michelin luncurkan ban baru untuk mobil SUV

“Semua ban pasti begitu, namanya juga digunakan. Tapi penting diketahui, meski tak memiliki kedaluwarsa, ban juga sama seperti mesin motor atau mobil. Jika terlalu lama disimpan dan tak digunakan, maka bisa mempercepat usia kerusakan ban,” paparnya.

Sumber gambar: IST

berita terkait lainnya

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas