Bangkitkan Kejayaan Masa Lalu, Ini Spesifikasi Ford Bronco First Edition

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 24 July 2020

Bangkitkan Kejayaan Masa Lalu, Ini Spesifikasi Ford Bronco First Edition

momobil.id – Salah satu mobil di kelas SUV yang memiliki banyak penggemar adalah Suzuki Jimny. Namun mobil SUV yang dirakit di Jepang itu tampaknya akan mendapat saingan baru dari Amerika Serikat setelah Ford meluncurkan Bronco First Edition.

Ford Bronco First Edition sudah resmi diperjual belikan bagi calon konsumen yang tertarik memboyongnya. Mobil ini mendapat sambutan positif, terbukti dari pemesanan unitnya yang terus berdatangan, membuat laman resmi Ford mengalami eror alias kelumpuhan akibat lonjakan traffic dalam satu waktu.

Dalam laporan Motor1 seperti dilansir Kumparan, 3.500 unit Bronco yang dipersiapkan langsung ludes dalam hitungan 3 jam, sejak pemesanan dibuka pada pukul 20.00 waktu setempat. Kemudian pada pukul 23.15, Bronco tak lagi tersedia. SUV tersebut dalam jadwalnya akan diluncurkan resmi pada kuartal II 2021.

Untuk spesifikasinya, semua Bronco First Edition menggendong mesin 2.300 cc 4-silinder dengan turbo (Ecoboost) yang dipasangkan transmisi manual 7-percepatan. Tenaga maksimumnya mencapai 270 dk dan torsi puncak 420 Nm. Selain itu Bronco juga sengaja diciptakan lebih luas, maka ada opsi bermesin turbo 2.700 cc berkonfigurasi V6 yang menjanjikan tenaga 310 dk dan torsi 542 Nm yang dikawinkan pada transmisi otomatis 10-percepatan.

Soal fitur SUV ini dilengkapi mode berkendara dalam rangkaian GOAT (Go Over Any Terrains) yang mencakup Normal, Eco, Slippery and Sand, Baja, Mud, atau Rock Crawl, menurut laporan Carbuzz. Mengenai harga, mobil yang dibuat di pabrik di Michigan, Amerika Serikat ini paling murah dibanderol US$29.995 dolar AS atau sekitar Rp438 juta.

Adapun Bronco seperti SUV legendaris lain yang memiliki banyak pecinta di seluruh dunia. Maklum model pertamanya lahir pada 1966 dan langsung menjadi model SUV 4×4 paling laris selama tiga dekade. Selama waktu itu pula, Ford Bronco juga berkompetisi dengan SUV lain dari Jeep, Chevrolet, Dodge, dan sebagainya.

Hanya saja Ford terpaksa menyuntik mati Bronco pada 1996. Penyebabnya karena Bronco lambat laun kalah saing dengan model baru Ford Expedition maupun F-150. Tapi pabrikan asli Amerika Serikat ini tak tinggal diam. Apalagi beberapa tahun setelah tidak diproduksi lagi, Bronco menjadi barang kolektor dan kerap direstorasi.

Baca juga: Hobi Bersepeda? Simak Tips Memilih Mobil yang Tepat untuk Membawa Sepeda

Seperti ingin mendulang kejayaannya masa lalu, Ford coba tes pasar dengan menghadirkan Bronco dalam bentuk purwarupa pada 2004 silam. Wujudnya mengambil DNA Bronco edisi pertama tahu 1966. Tapi yang terbaru ini lebih modern. Gayung bersambut, publik justru menantikan kehadirannya. Hanya saja waktu riset dan pengembangannya terbilang lama, membutuhkan waktu sekitar 16 tahun hingga akhirnya Bronco generasi terbaru bisa dimiliki.

Ford Bronco 2021 yang melakoni debutnya pada 13 Juli lalu sudah barang tentu membawa sejumlah peningkatan, dan bakal tersedia dalam tiga tipe yakni 2-pintu, 4-pintu, atau model sport dengan 2-pintu.

Sumber gambar: Motortrend.com


Kembali ke atas