Bangun Aliansi, Isuzu Motors Akuisisi UD Trucks dari Volvo Group

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 4 November 2020

Bangun Aliansi, Isuzu Motors Akuisisi UD Trucks dari Volvo Group

momobil.id – Volvo Group dan Isuzu Motor mengumumkan telah menandatangani perjanjian untuk membentuk aliansi strategis pada kendaraan komersial.

Perjanjian ini mencakup akuisisi Isuzu Motor atas UD Trucks dari Volvo Group senilai 20 miliar Krone Swedia atau sekitar US$2,29 miliar yang tunduk pada kondisi tertentu, termasuk persetujuan dari otoritas regulasi.

Dalam situs resminya, pihak Volvo menjelaskan aliansi ini bertujuan membangun hubungan jangka panjang dan kuat. Beberapa poin yang disepakati dalam aliansi ini seperti membentuk kemitraan teknologi, menciptakan kondisi jangka panjang terbaik untuk bisnis truk berat bagi UD Trucks dan Isuzu Motors di Jepang dan seluruh pasar internasional, mengeksplorasi peluang lebih lanjut untuk kolaborasi dalam bisnis kendaraan komersial, hingga menjajaki kerja sama di bidang pembelian dan logistik.

Hal menarik dalam poin kemitraan teknologi adalah Isuzu Motors dan UD Trucks akan melakukan pengembangan bersama pada platform truk medium heavy-duty menggunakan teknologi Volvo Group untuk pasar Jepang dan Asia. Teknologi baru yang dimaksudkan seperti kemudi otonom, konektivitas, serta kendaraan listrik medium dan heavy duty.

Baca juga: Kebiasaan Mengemudi yang Bisa Membuat Konsumsi BBM Lebih Boros

Poin penting lainnya dalam kesepakatan ini yakni Volvo Group dan Isuzu Motors akan mendirikan kantor aliansi bersama, dengan fasilitas di Jepang dan Swedia, yang akan diawasi oleh Dewan Aliansi yang terdiri dari Presiden Isuzu Motors, CEO Volvo Group, dan eksekutif utama lainnya dari kedua grup tersebut.

Volvo mengatakan, nota kesepahaman antara kedua perusahaan sudah ditandatangani pada Desember tahun lalu. Sementara klausul akhir akan menyusul dan diharapkan sudah selesai di semester pertama 2021.


Kembali ke atas