Banyak Peminat, Aston Martin Produksi Kembali DB5 yang Muncul di Film James Bond

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 3 January 2021

Banyak Peminat, Aston Martin Produksi Kembali DB5 yang Muncul di Film James Bond

momobil.id – Selain kelihaian agen rahasia 007 dalam menjalankan misi, salah satu daya tarik dalam film James Bond adalah kehadiran mobil-mobil canggih. Aston Martin DB5 termasuk mobil ikonik dalam film tersebut, yang pertama kali hadir pada film James Bond Goldfinger yang tayang tahun 1964.

Hingga saat ini mobil tersebut masih sering muncul di beberapa serial film James Bond lainnya. Melihat tingginya antusiasme terhadap DB5, Aston Martin pun akhirnya memutuskan memproduksi kembali mobil tersebut.

Tentu, ini hal yang mengejutkan. Sebab Aston Martin DB5 terakhir kali diproduksi pada 55 tahun lalu, tepatnya 1965 di fasilitas produksi Newport Pagnell, Inggris.
Lebih spesialnya lagi, mobil tersebut juga akan dilengkapi dengan berbagai fitur canggih layaknya Aston Martin DB5 asli yang dipakai oleh Sean Connery (pemeran James Bond) di film James Bond Goldfinger.

Adapun, fitur-fitur canggih tersebut berupa remote kontrol untuk pengoperasian mobil, pelat nomor yang dapat berganti, semburan asap di belakang, penyemprot oli yang diganti dengan air, pendobrak di bagian bumper depan dan belakang, pelindung tembakan di kaca belakang, pisau baling pada velg, serta dua senapan di bagian depan yang dapat muncul dari balik lampu sein.

Semua fitur canggih itu tentu hanya berupa gimmick, termasuk dengan senapan palsu. Tak hanya di bagian luar, bagian dalam Aston Martin DB5 Goldfinger ini juga punya ragam fitur menarik. Seperti berbagai tombol pengaturan fitur di konsol tengah, radar navigasi di dasbor, telepon kabel, atap yang dapat dibuka, hingga replika tombol kursi pelontar di tongkat persneling.

Dari segi desainnya sendiri, mobil ini memang dirancang agar memiliki kemiripan tampilan layaknya Aston Martin DB5 yang digunakan Bond dahulu kala. Dibangun di atas platform berbahan baja, mobil ini menggunakan panel bodi alumunium yang dibungkus warna Birch Silver. Desain velg pun dibuat seklasik mungkin, lengkap dengan ban lawasnya.

Di balik kap mesinnya, DB5 Goldfinger ini mengusung mesin bensin 6 silinder naturally aspirated berkapasitas 4.0 liter. Mesin itu menghasilkan tenaga 290 dk yang ditopang transmisi manual 5 percepatan.

Baca juga: Sejarah Toyota 2000GT yang Pernah Muncul di Film James Bond

Untuk sistem penggerak rodanya, menggunakan 2 roda belakang yang juga telah dilengkapi dengan limited slip differential. Dengan tenaga yang cukup besar itu, mobil ini menggunakan rem cakram baja dan suspensi coilover.

Dengan begitu, pengendalian mobil ini pun akan jauh lebih baik. Sayangnya, mesin mobil ini punya pengendalian yang baik, ternyata mobil ini tidak diperbolehkan untuk digunakan di jalan raya. Ya, berdasarkan aturan di Inggris, mobil ini hanya boleh digunakan untuk acara-acara tertentu saja atau sekadar pameran.

Diproduksi sebanyak 25 unit, Aston Martin DB5 Goldfinger ini dijual dengan banderol US$3,5 juta atau sekitar Rp49,7 miliar. Harga tersebut lebih mahal 10 kali lipat dibanding DBS Superleggera.

Sumber gambar: CAR Magazine


Kembali ke atas