Barang Ini Wajib Ada Di Mobil Ketika Berkendara

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 24 March 2022

Barang Ini Wajib Ada Di Mobil Ketika Berkendara

momobil.id – Agar lebih nyaman saat berkendara, tentu pemilik mobil perlu menjejal barang yang dibutuhkan saat perjalanan. Barang yang dimaksud diperlukan untuk membuat kabin mobil selalu bersih dan berguna saat situasi darurat. Berikut ini adalah daftar barang yang wajib ada saat berkendara di dalam mobil.

Kotak P3K

Keberadaan kotak P3K penting untuk pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan. Peraturan adanya kotak P3K dalam mobil diatur dalam Pasal 57 butir 3 huruf G Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dalam kotak P3K, pengemudi disarankan untuk mengisinya dengan obat merah, kain kasa, plester, antiseptik, dan obat-obatan lainnya. Agar lebih mudah dicari, pilihlah kotak yang memiliki permukaan transparan.

Dongkrak

Ketika ban mobil mendadak pecah di tengah perjalanan, tentu pengemudi memerlukan dongkrak untuk memudahkan penggantian ban. Setiap mobil baru dilengkapi dengan dongkrak. Umumnya, dongkrak bawaan pabrik berada di bawah jok penumpang depan atau di bagasi. Pengemudi disarankan untuk tidak mengeluarkan alat tersebut dari mobil agar dongkrak selalu siap digunakan.

Safety Triangle

Setiap mobil baru yang dikeluarkan dari dealer pasti memiliki alat safety triangle atau biasa disebut segitiga pengaman. Ketika mobil sedang mogok, pengemudi perlu memasang safety triangle demi keamanan. Alat ini dilengkapi dengan reflektor yang bersinar saat terpapar cahaya, sehingga kendaraan lain bisa melihat ada mobil terparkir.

Baca Juga: Jangan Sembarangan Menyimpan APAR di Mobil, Perhatikan Peletakkannya

APAR

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) sudah menjadi salah satu barang yang wajib ada di dalam mobil. Hal ini sudah tertulis dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan yang diresmikan pada Februari 2020. Setiap pabrikan otomotif sudah melengkapi mobil yang dijual dengan APAR mulai tahun 2021. Alat ini berfungsi untuk memadamkan api, ketika mobil tiba-tiba mengalami kebakaran.

Ban Cadangan

Apabila ban mobil mendadak pecah saat melakukan perjalanan, tentu dibutuhkan ban cadangan. Pemilik mobil perlu menyimpan ban cadangan, karena fungsinya tergolong krusial. Selain itu, pemilik mobil juga perlu mengecek kondisi dari ban cadangan. Lakukan pengecekan tekanan angin secara berkala agar kondisi ban cadangan tetap optimal.

Lap Chamois

Pemilik mobil disarankan untuk memiliki lap chamois dalam kabin mobil. Lap ini berfungsi untuk membersihkan bagian interior yang kotor. Misalnya untuk membersihkan jejak tangan, atau cairan yang tumpah di sekitar kabin. Pemilik mobil bisa menyimpan lap chamois dalam laci dashboard, atau cup holder.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas