Baterainya Nol Persen, Mobil Listrik BYD Ternyata Masih Bisa Jalan Hingga Sejauh Ini

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 30 January 2024

Baterainya Nol Persen, Mobil Listrik BYD Ternyata Masih Bisa Jalan Hingga Sejauh Ini

momobil.id – Mobil listrik BYD diklaim masih bisa berjalan meski indikator baterai sudah menunjukkan nol persen. Seberapa jauh mobil BYD bisa berjalan?

Salah satu tantangan yang masih menjadi momok bagi pengguna mobil listrik adalah kehabisan baterai saat masih dalam perjalanan. Dan tantangan ini tampaknya sudah dipikirkan oleh BYD saat mengumumkan kehadirannya di Indonesia.

Belum lama ini, BYD alias Build Your Dreams meresmikan kehadirannya di tanah air dengan meluncurkan tiga mobil listrik sekaligus yakni Dolphin, Atto 3, dan Seal.

Mengenai performa baterai, Bobby Bharata selaku Head of Product PT BYD Motor Indonesia menyatakan mobil listrik BYD masih bisa melaju dengan daya tempuh terbatas yakni 1-2 km saat baterai sudah menyentuh angka nol persen.

Artinya, mobil bertenaga setrum dari BYD tidak langsung mati saat indikator baterai sudah menunjukkan nol persen.

Bobby juga mengklaim, saat baterai mulai lemah atau berada di bawah lima persen, mobil listrik BYD tak mengalami penurunan performa atau fungsi fitur dan masih berfungsi normal seperti saat baterai terisi.

Baca juga: Toyota Veloz Punya Fitur Rem Tangan Elektrik, Gimana Kalau Akinya Tekor?

Meski begitu, Bobby mengatakan saat baterai sudah berada di bawah 15 persen, akan ada peringatan dari sistem untuk melakukan pengecasan.

Adapun ketiga mobil listrik BYD menggunakan blade battery jenis Lithium Iron Phosphate yang dikembangkan oleh pihaknya sendiri. BYD mengklaim baterai blade ini bisa menempuh jarak hingga 1,2 juta km secara usia pakai.

Sebagai informasi, BYD Dolphin mengusung desain hatchback yang mampu menempuh jarak hingga 490 km.

Kemudian BYD Atto 3 masuk di kelas compact SUV lima penumpang yang mampu menempuh jarak hingga 480 km. Dan BYD Seal yang memiliki tiga varian yang mengadopsi Cell to Body technology (CTB), bisa menempuh jarak hingga 650 km.

mobil terkait

Rp 121.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 128.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 197.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 184.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 198.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 169.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas