Baterai Remote Keyless Habis, Bagaimana Caranya Membuka Mobil?

Ditulis oleh : admin

24 Jun 2019

momobil.id - Pada beberapa mobil kekinian, sudah menggunakan teknologi smart entry alias keyless untuk membuka pintu dan menyalakan mesin sehingga tak lagi membutuhkan anak kunci. Salah satu hal yang menjadi kekhawatiran bagi penggunanya, bagaimana menyalakan kendaraan saat remote keyless kehabisan baterai.

Pasalnya, kegiatan membuka pintu dan menyalakan mesin membutuhkan peran remote tersebut. Saat akan membuka pintu, pengguna harus menekan tombol hitam pada gagang pintu dengan syarat remote harus berada dekat dengan mobil (misalnya dikantungi oleh pengguna). Pintu bisa terbuka karena fitur keyless entry memanfaatkan sinyal dari transmitter (remote) yang berhubungan dengan receiver yang ada di mobil.

Lalu, bagaimana jika baterai remote habis? Menurut Technical Support Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, pemilik mobil tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Pemilik mobil tetap bisa masuk dengan cara manual yakni membuka pintu dengan anak kunci yang letaknya menyatu dengan remote. Untuk menggeluarkan anak kunci, pengguna bisa mencari tombol kecil yang biasanya terletak di bagian belakang atau atas remote.

Namun cara ini dilakukan jika baterai sudah benar-benar habis. Namun jika baterai masih ada namun sudah lemah, remote masih bisa mengirimkan sinyal ke mobil bila jaraknya cukup dekat. "Caranya dengan menekan remote dekat mobil. Misalnya menempel di kaca depan yang langsung berdekatan dengan gagang pintu mobil," ujar Didi seperti dilansir Kompas.com.

Baca Juga: Apa efek negatif jika ban mobil kelebihan tekanan udara?

Ketika sudah masuk ke mobil, bagaimana cara menyalakan mesinnya? Caranya ternyata cukup mudah. Pengemudi bisa menghadapkan remote keyless ke tombol start stop, maka mobil akan otomatis menyala. "Contoh pada keyless Toyota, tinggal tempel remote yang ada lambang Toyota ke tombol. Setelah itu lakukan start seperti biasa. Tapi agar nyaman, jangan lupa mengganti baterai remote. Bisa dilakukan sendiri atau di bengkel resmi," kata Didi.

Penyebab remote keyless mobil bermasalah

Baterai habis merupakan salah satu penyebab remote keyless mobil menjadi bermasalah. Hal lain yang bisa mempengaruhi kinerja remote keyless yakni adanya gangguan dari lingkungan sekitar tempat mobil diparkir.

Gangguan yang dimaksud seperti adanya frekuensi pemancar radio atau BTS. Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, Sapta Agung Nugraha, remote keyless yang terkena gangguan frekuensi BTS akan lebih sulit membuka dan mengunci pintu.
"Jadi bukan karena remote yang bermasalah, tetapi terganggu oleh sinyal di sekitar. Pintu mobil tetap bisa dikunci dan dibuka, hanya saja lebih lama," jelas Sapta.

Sumber gambar: Confused

  • Tips & Trik

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

PEKANBARU

2012
Otomatis

135 juta

PEKANBARU

2009
Otomatis

117 juta

PALEMBANG

2013
Manual

145 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More