Baterai Remote Keyless Habis, Bagaimana Caranya Membuka Mobil?

Ditulis oleh : admin | 24 June 2019

Baterai Remote Keyless Habis, Bagaimana Caranya Membuka Mobil?

momobil.id – Pada beberapa mobil kekinian, sudah menggunakan teknologi smart entry alias keyless untuk membuka pintu dan menyalakan mesin sehingga tak lagi membutuhkan anak kunci. Salah satu hal yang menjadi kekhawatiran bagi penggunanya, bagaimana menyalakan kendaraan saat remote keyless kehabisan baterai.

Pasalnya, kegiatan membuka pintu dan menyalakan mesin membutuhkan peran remote tersebut. Saat akan membuka pintu, pengguna harus menekan tombol hitam pada gagang pintu dengan syarat remote harus berada dekat dengan mobil (misalnya dikantungi oleh pengguna). Pintu bisa terbuka karena fitur keyless entry memanfaatkan sinyal dari transmitter (remote) yang berhubungan dengan receiver yang ada di mobil.

Lalu, bagaimana jika baterai remote habis? Menurut Technical Support Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, pemilik mobil tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Pemilik mobil tetap bisa masuk dengan cara manual yakni membuka pintu dengan anak kunci yang letaknya menyatu dengan remote. Untuk menggeluarkan anak kunci, pengguna bisa mencari tombol kecil yang biasanya terletak di bagian belakang atau atas remote.

Namun cara ini dilakukan jika baterai sudah benar-benar habis. Namun jika baterai masih ada namun sudah lemah, remote masih bisa mengirimkan sinyal ke mobil bila jaraknya cukup dekat. “Caranya dengan menekan remote dekat mobil. Misalnya menempel di kaca depan yang langsung berdekatan dengan gagang pintu mobil,” ujar Didi seperti dilansir Kompas.com.

Baca Juga: Apa efek negatif jika ban mobil kelebihan tekanan udara?

Ketika sudah masuk ke mobil, bagaimana cara menyalakan mesinnya? Caranya ternyata cukup mudah. Pengemudi bisa menghadapkan remote keyless ke tombol start stop, maka mobil akan otomatis menyala. “Contoh pada keyless Toyota, tinggal tempel remote yang ada lambang Toyota ke tombol. Setelah itu lakukan start seperti biasa. Tapi agar nyaman, jangan lupa mengganti baterai remote. Bisa dilakukan sendiri atau di bengkel resmi,” kata Didi.

Penyebab remote keyless mobil bermasalah

Baterai habis merupakan salah satu penyebab remote keyless mobil menjadi bermasalah. Hal lain yang bisa mempengaruhi kinerja remote keyless yakni adanya gangguan dari lingkungan sekitar tempat mobil diparkir.

Gangguan yang dimaksud seperti adanya frekuensi pemancar radio atau BTS. Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, Sapta Agung Nugraha, remote keyless yang terkena gangguan frekuensi BTS akan lebih sulit membuka dan mengunci pintu.
“Jadi bukan karena remote yang bermasalah, tetapi terganggu oleh sinyal di sekitar. Pintu mobil tetap bisa dikunci dan dibuka, hanya saja lebih lama,” jelas Sapta.

Sumber gambar: Confused


Kembali ke atas