Bayar Pajak Kendaraan Lebih Mudah dengan Metode Drive Thru

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 5 July 2020

Bayar Pajak Kendaraan Lebih Mudah dengan Metode Drive Thru

momobil.id – Setiap tahunnya, pemilik kendaraan wajib membayar pajak kendaraan bermotor (PKB). Namun, seiring dengan pandemi virus Corona / COVID-19, beberapa orang khawatir harus mengikuti antrean di kantor Samsat. Seiring dengan hal ini, pemerintah mengadakan cara pembayaran pajak kendaraan lewat drive thru. Dengan metode ini, pemilik kendaraan tidak perlu turun dan mengantri di gedung Samsat.

Proses Pembayaran Pajak Kendaraan Drive Thru

Untuk proses pembayaran pajak kendaraan drive thru sendiri tidak ada bedanya dengan proses drive thru pada restoran cepat saji. Pemilik kendaraan masuk lajur drive thru yang sesuai dengan jenis kendaraannya. Pastikan membawa dokumen kendaraan terlebih dahulu. Dokumen yang harus dibawa yaitu Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) asli, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli, Kartu Tanda Pemilik (KTP) asli, dan Surat Izin Mengemudi (SIM) asli. Dalam mengurus pembayaran pajak drive thru ini, pemilik mobil tidak perlu repot melakukan fotokopi dokumen perssyaratan. Apabila dokumen kendaraan sudah lengkap, pemilik mobil diarahkan pada loket pertama dimana pemilik mobil menyerahkan dokumen persyaratan. Kemudian, pemilik kendaraan diarahkan menuju loket kedua. Di loket ini, pemilik mobil melakukan pembayaran pajak kendaraan dan mengambil dokumen asli beserta lembaran kertas pajak baru di STNK. Dibutuhkan waktu 2 sampai 5 menit untuk memproses pembayaran pajak.

Lokasi Layanan Samsat Drive Thru

Untuk lokasi layanan bayar pajak drive thru ini, tersedia 4 lokasi untuk wilayah DKI Jakarta. Lokasi ini mengacu pada website bprd.jakarta.go.id.

  • Drive Thru Samsat Jakarta Selatan – Jalan Jenderal Sudirman No. 55
  • Drive Thru Samsat Jakarta Timur – Jalan DI. Panjaitan, Kebon Nanas, Jakarta Timur
  • Drive Thru Samsat Jakarta Utara dan Pusat – Jalan Gunung Sahari (Depan WTC Mangga Dua).
  • Drive Thru Samsat Jakarta Barat – Jalan Daan Mogot KM 14, Jakarta Barat

Baca Juga: Ini Syarat Ubah STNK dan BPKB Apabila Mengubah Warna Kendaraan

Biaya yang Harus Dikeluarkan

Tarif yang dikeluarkan untuk membayar pajak kendaraan tentunya berbeda-beda sesuai dengan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) masing – masing kendaraan. Untuk kendaraan pertama, dikenakan biaya pajak kendaraan sebesar 2 persen dari NJKB. Untuk kendaraan kedua, ketiga, dan seterusnya, ditambahkan 0,5 persen. Misalnya, untuk kendaraan pertama 2 persen, maka kendaraan kedua 2,5 persen, kendaraan ketiga 3 persen, dan seterusnya. Tarif besaran ini mengacu pada Peraturan Derah Provinsi DKI Jakarta Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2010 Tentang Pajak Kendaraan Bermotor.

Selain membayar pajak kendaraan, pemilik mobil juga dikenakan biaya lain, yaitu Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Untuk biaya SWDKLLJ sendiri, dikenakan Rp 143 ribu untuk mobil, dan Rp 35 ribu untuk motor.


Kembali ke atas