Begini Cara Ampuh Membersihkan Kaca Mobil yang Berjamur

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 20 March 2024

Begini Cara Ampuh Membersihkan Kaca Mobil yang Berjamur

momobil.id – Kaca mobil merupakan bagian penting yang mempengaruhi visibilitas ketika berkendara. Oleh karena itu, kebersihan kaca mobil patut untuk dijaga. Salah satu masalah yang sering ditemui pada kaca mobil adalah jamur kaca. Lantas, bagaimana cara ampuh untuk membersihkan kaca mobil yang berjamur?

Penyebab Kaca Mobil yang Berjamur

Timbulnya jamur pada kaca mobil dapat disebabkan oleh beberapa hal. Diantaranya,

  • Mobil sering diparkir di tempat yang lembap.
  • Kaca tidak segera dibersihkan setelah terkena air hujan.
  • Pengembunan pada kaca mobil.
  • Kaca tidak dikeringkan secara maksimal setelah mencuci mobil.

Cara Membersihkan Kaca Mobil yang Berjamur

Jamur pada kaca mobil bisa dibersihkan dengan mudah. Agar kaca mobil tetap dalam keadaan bersih, berikut beberapa cara membersihkan jamur pada kaca mobil.

1. Menggunakan Alkohol 50-90%

Alkohol juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kaca mobil yang berjamur. Pemilik mobil bisa menggunakan alkohol dengan kandungan 50-90%. Untuk cara mengaplikasikannya, basahi kain lembut dengan cairan alkohol, kemudian gosokkan ke kaca mobil. Gosok secara perlahan agar kaca mobil tidak tergores.

2. Air Soda

Minuman bersoda juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan jamur kaca. Bersihkan kaca mobil menggunakan air bersih, kemudian basahi kain lembut dengan air soda. Gosok kaca mobil menggunakan kain tersebut hingga jamur hilang. Pemilik mobil disarankan untuk menggunakan air soda yang tidak mengandung gula.

3. Menggunakan Pemutih Pakaian

Kandungan kimia pada pemutih pakaian dapat mengikis jamur pada kaca mobil. Cairan ini bisa digunakan sebagai opsi membersihkan kaca mobil. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Basahi kain lembut dengan cairan pemutih secukupnya. Kemudian gosokkan kain secara perlahan ke kaca mobil hingga bersih.

4. Memanfaatkan Cuka Apel

Pemilik mobil dapat memanfaatkan cuka apel untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Campurkan 3 sendok cuka apel dengan 1 liter air. Celupkan kain lembut pada cairan cuka apel, kemudian gosokkan ke kaca mobil. Gosok hingga jamur kaca terangkat, kemudian bersihkan sisa-sisa cuka apel menggunakan air bersih.

5. Pasta Gigi

Kandungan hidrogen peroksida pada pasta gigi dapat menghilangkan jamur kaca. Untuk penggunaannya, oleskan pasta gigi ke permukaan kaca mobil yang berjamur dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian, gosok menggunakan kain microfiber hingga kaca bersih. Bilas sisa-sisa pasta gigi pada kaca mobil menggunakan air bersih. Perlu diingat bahwa penggunaan pasta gigi efektif untuk mengatasi jamur kaca ringan.

6. Baking Soda

Tidak hanya mampu membersihkan jamur kaca, baking soda juga bisa digunakan untuk mengurangi kelembapan kaca mobil. Untuk mengaplikasikannya, campurkan baking soda ke air, lalu semprotkan ke kaca mobil. Gosok secara perlahan menggunakan kain bersih hingga jamur terangkat.

7. Menggunakan Cairan Pembersih Kaca

Salah satu cara paling ampuh untuk membersihkan kaca mobil yang berjamur adalah menggunakan cairan pembersih khusus. Cara pemakaiannya pun sangat mudah. Pemilik mobil hanya perlu menyemprotkan cairan ke kaca mobil, kemudian bersihkan menggunakan kain microfiber.

Cairan pembersih kaca mobil dapat membersihkan berbagai masalah kaca, khususnya jamur. Pemilik mobil disarankan untuk menggunakan cairan pembersih kaca apabila jamur sudah membandel.

Baca Juga: Tergores Kawat Wiper hingga Temperatur Tinggi, Ini Penyebab Umum Kaca Mobil Bisa Retak atau Pecah

Cara Mencegah Kaca Mobil Berjamur

Agar kaca mobil tetap bersih, pemilik mobil harus melakukan berbagai perawatan. Berikut cara mencegah timbulnya jamur pada kaca mobil.

1. Rutin Membersihkan Kaca Mobil

Kondisi kaca yang kotor dapat memicu jamur tumbuh. Misalnya akibat debu dan kotoran yang tidak cepat dibersihkan atau tidak dibersihkan secara tuntas. Biasakan cuci dan bersihkan mobil secara rutin dan menyeluruh. Pemilik mobil juga perlu memperhatikan kualitas air yang digunakan. Air tanah, misalnya, memiliki kandungan kapur yang berpotensi membuat bercak jamur semakin membesar.

2. Hindari Parkir Mobil di Tempat yang Lembap

Memakir mobil di tempat lembap dan membiarkan kaca mobil dalam keadaan kotor dapat memicu tumbuhnya jamur pada kaca mobil. Parkirlah di tempat yang tidak lembap dan tidak terlalu panas. Selain itu, bersihkan kaca mobil secara rutin.

3. Segera Bersihkan Kaca Setelah Terkena Hujan

Sisa-sisa air hujan pada kaca mobil dapat memberikan efek jamur pada kaca. Oleh karena itu, segera bersihkan kaca mobil setelah terkena hujan. Ada baiknya untuk membilas sisa-sisa air hujan terlebih dahulu dengan air bersih, kemudian lap menggunakan lap microfiber.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan kaca mobil dari jamur yang menempel. Temukan mobil favorit kamu gak pake ribet, download aplikasi adiraku sekarang.

mobil terkait

Rp 236.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 158.000.000

Individu

BANYUASIN

Rp 175.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 285.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 370.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 165.000.000

Individu

SIDOARJO


Kembali ke atas