Begini Cara Ampuh Mengatasi Mabuk Perjalanan

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 22 June 2023

Begini Cara Ampuh Mengatasi Mabuk Perjalanan

momobil.id – Sebagian orang mudah mengalami mabuk selama perjalanan. Biasanya hal ini disebut juga dengan motion sickness. Meskipun tidak berbahaya, mabuk perjalanan tentu membuat tidak nyaman. Oleh karena itu, berikut merupakan cara ampuh mengatasi mabuk perjalanan.

Penyebab Mabuk saat Perjalanan

Mabuk saat perjalanan terjadi ketika seseorang merasakan mual, pusing, dan tidak enak badan selama melakukan perjalanan. Hal ini disebabkan oleh gangguan pada sistem pengaturan posisi dan keseimbangan tubuh di dalam otak dan telinga bagian dalam.

Ketika kendaraan sedang melaju, tubuh berada pada posisi diam. Di samping itu, mata dan telinga menangkap sinyal berupa suara dan tampilan visual yang bergerak. Tubuh tidak terbiasa dengan kondisi demikian, sehingga tumbuh reaksi berupa pusing dan mual. Hal ini dapat terjadi karena otak menilai kondisi yang tidak biasa tersebut disebabkan oleh adanya racun dalam tubuh yang perlu dikeluarkan.

Cara Mengatasi Mabuk saat Perjalanan

Rasa mabuk dan mual ketika dalam perjalanan tentu membuat pengalaman berkendara tidak nyaman. Oleh karena itu, berikut ini merupakan beberapa tips mengatasi mabuk saat perjalanan.

1. Istirahat Sebelum Bepergian

Tubuh yang kurang istirahat dapat menyebabkan mabuk saat perjalanan. Oleh karena itu, pastikan tubuh beristirahat dengan cukup sebelum melakukan perjalanan. Apabila tidak memungkinkan, istirahat juga bisa dilakukan di dalam kendaraan. Jangan lupa untuk membawa bantal dan penutup mata agar lebih nyaman ketika beristirahat.

2. Hindari Konsumsi Makanan Berlebihan Sebelum Perjalanan

Kondisi perut yang penuh dan meghadapi guncangan selama perjalanan dapat menyebabkan mual. Oleh karena itu, usahakan untuk mengonsumsi makanan secukupnya dan tidak berlebihan. Apabila perut terasa lapar, isilah dengan makanan ringan.

3. Cari Posisi Duduk yang Nyaman

Pada umumnya, model jok mobil yang berlawanan arah dengan pergerakan kendaraan dapat memicu mabuk perjalanan. Oleh karena itu, pilihlah posisi duduk yang searah dengan pergerakan kendaraan. Dengan ini, posisi duduk tubuh dengan arah pergerakan kendaraan searah dan tidak seolah tertarik ke arah berlawanan. Selain itu, carilah posisi duduk senyaman mungkin agar merasa nyaman dan terhindar dari mabuk selama perjalanan.

4. Hindari Menggunakan Ponsel atau Membaca

Membaca dan bermain ponsel saat perjalanan dapat memicu rasa pusing dan mual. Hal ini dikarenakan kegiatan tersebut menyebabkan ketidakselarasan mata dan telinga. Oleh karena itu, sebaiknya hindari membaca buku atau bermain ponsel ketika berkendara.

5. Menghirup Aromaterapi atau Minyak Angin

Seedia minyak angin atau aromaterapi sebelum melakukan perjalanan. Kedua benda cair ini mampu mengatasi rasa mual dan pusing saat melakukan perjalanan. Minyak angin dan aromaterapi dapat dioleskan ke bagian pelipis dan perut, atau dihirup agar meredakan rasa mual.

Baca Juga: 5 Aksesoris Mobil Penambah Kenyamanan Perjalanan

6. Konsumsi Obat Anti Mabuk

Sebelum melakukan perjalanan, tindakan preventif yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi obat anti mabuk. Obat anti mabuk yang bisa digunakan tanpa resep dokter adalah Domperidone dan Metoclopramide. Konsumsi obat mabuk dilakukan setidaknya 1-2 jam sebelum melakukan perjalanan.

7. Minum Air Putih

Ketika mual dan muntah saat perjalanan, tubuh akan kekurangan cairan dan berisiko mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, selalu membawa air mineral saat perjalanan. Air dapat mengembalikan kondisi tubuh dari dehidrasi.

Selain itu, konsumsi makanan ringan juga disarankan untuk mengisi perut yang kosong. Hindari minuman beralkohol atau berkafein karena dapat memperburuk gejala mabuk.

8. Memejamkan Mata dan Berbaring

Salah satu tips mengatasi mabuk perjalanan adalah dengan memejamkan mata dan mengambil napas secara perlahan. Selain itu, berbaring atau mengambil posisi duduk bersandar juga dapat mengurangi mabuk. Duduklah dengan nyaman dan luruskan kaki. Pejamkan mata hingga rasa mabuk mereda.

9. Konsumsi Permen Mint atau Jahe

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mabuk perjalanan adalah dengan mengonsumsi perment mint atau jahe. Aroma dari jahe dan permen mint dapat memberikan ketenangan pada tubuh sekaligus mencegah mual dan pusing saat perjalanan.

10. Mengalihkan Perhatian dengan Berinteraksi

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa mabuk perjalanan adalah dengan mengalihkan perhatian. Cobalah untuk berinteraksi dengan penumpang lainnya agar rasa mual reda. Hindari menatap layar ponsel terlalu lama karena dapat memicu mabuk perjalanan.

11. Fokus pada Titik Tetap

Untuk menghindari mabuk perjalanan, hindari melihat objek yang bergerak cepat di luar jendela seperti kendaraan yang melintas atau objek dekat kendaraan. Fokuslah pada titik tetap seperti gunung, pemandangan, atau bangunan jauh.

12. Sirkulasi Udara yang Baik

Pastikan ruangan dalam kendaraan memiliki sirkulasi yang baik. Cobalah untuk membuka kaca jendela agar udara segar dari luar dapat masuk ke dalam kabin selama beberapa menit. Hal ini dapat mengurangi rasa mual atau mabuk selama perjalanan.

13. Hindari Bau yang Menyengat

Usahakan untuk tidak membawa barang dengan bau yang cukup menyengat pada mobil. Misalnya seperti durian, tape, nangka, atau barang lainnya yang menimbulkan bau menyengat. Bau yang tidak sedap tentu dapat memicu mabuk saat perjalanan.

Selain itu, perhatikan juga penggunaan pewangi mobil. Pilihlah pewangi dengan aroma yang segar agar perjalanan terasa lebih nyaman.

mobil terkait

Rp 177.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 277.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 137.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 168.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 120.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 90.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas