Begini Cara Berbelok Tajam Dengan Cepat Saat Mengendarai Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 24 April 2020

Begini Cara Berbelok Tajam Dengan Cepat Saat Mengendarai Mobil

momobil.id – Sebagai pengemudi, tentunya ada situasi dimana harus berbelok dengan tajam. Sebagai contoh, situasi tersebut dialami oleh petugas polisi yang berbelok tajam untuk mengejar pelanggar lalu lintas atau pelaku kejahatan. Juga situasi yang dialami pengendara mobil ketika harus menghindar dari kendaraan di sekitarnya saat terjadi kecelakaan di jalan. Untuk itu ada teknik khusus yang bisa dipelajari. Berikut adalah tips yang tepat untuk berbelok tajam dengan cepat saat mengendarai mobil.

Cara Belok Cepat 90 Derajat

Ketika ingin berbelok ke arah kiri, maka posisikan mobil sejauh mungkin pada posisi kanan. Hal ini tentunya berguna untuk mendapatkan kurva yang lebih lebar dan momentum terbaik pada saat berbelok. Kemudian, beloklah ke kiri dengan posisi mendekati sudut jalan. Anggaplah sudut sebagai sumbu mobil berbelok. Belok secepat mungkin tanpa mengenai sudut jalan. Agar tidak kehilangan kontrol, injak rem sesuai keperluan agar mobil dapat melaju lambat. Teknik menginjak rem ini perlu diperhatikan, karena jika terlalu berlebihan maka dapat menyebabkan mobil tersendat atau terpunting. Setelah itu, selesaikan belokan sejauh mungkin ke arah kanan agar belokan memiliki radius lebar. Lakukanlah hal ini pada jalur selurus mungkin.

Belok Cepat 180 Derajat

Belokan 180 derajat dikenal sebagai belokan rem tangan dikarenakan kurva putaran yang ekstrim sehingga harus menggunakan rem tangan. Penting untuk diperhatikan bahwa belokan 180 derajat dibolehkan saat balapan atau berada dalam situasi ekstrim. Hal utama yang harus diperhatikan adalah kecepatan mengemudi. Mulailah dengan kecepatan 55-65 km/jam karena kecepaan ini adalah batas aman untuk berbelok. Ketika ingin berbelok 180 derajat ke sisi kanan, maka letakkan tangan kanan pada sisi setir, sehingga mudah untuk membelokkan dengan cepat ke arah kanan.

Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah mulai berbelok sebelum menarik rem tangan. Untuk mobil otomatis, kurangi injakan gas dan masukan mobil pada mode netral. Sedangkan pada mobil manual, pengemudi perlu menginjak kopling. Putar kemudi ke arah yang diinginkan sehingga membuat roda terkunci. Setelah itu tarik rem tangan selama beberapa detik sebelum berbelok. Luruskan kemudi dan roda depan mobil lalu lepas rem tangan. Gunakan rem untuk mengembalikan mobil ke jalur yang benar jika diperlukan.

Baca Juga : Begini Cara Merawat Mobil Putih Agar Tidak Menguning

Cara Belok Cepat dan Tajam

Cara utama dalam berbelok cepat dan tajam adalah dengan memegang kemudi dengan dua tangan. Hal ini dapat membantu mempertahankan kontrol mobil. Kemudian, belokkan mobil secara perlahan mengikuti kurva jalan. Usahakan sepelan dan seakurat mungkin sekaligus menekan gas dengan pelan. Setelah itu, gunakan pedal gas untuk mengontrol radius belokan. Menekan pedal gas dengan pelan membuat radius belokan akan lebih sempit, sedangkan menekankan gas lebih dalam akan membuat radius putar lebih luas. Ketika mobil berbelok terlalu jauh, maka bagian belakang bisa saja tidak terkontrol. Kurangi gas secara signifikan, lalu belokan kemudi. Setelah itu injak pedal gas dengan cepat dan lewati belokan.



Kembali ke atas