Begini Cara Melacak Mobil dengan Aplikasi Google Maps

Ditulis oleh : admin | 31 August 2022

Begini Cara Melacak Mobil dengan Aplikasi Google Maps

momobil.id – Selain berfungsi untuk mengarahkan jalan, Google Maps juga bisa digunakan untuk melacak posisi mobil. Google Maps mendukung fitur GPS yang bisa berfungsi melihat posisi mobil. Berikut ini merupakan cara melacak mobil dengan menggunakan aplikasi Google Maps.

Mengenai Aplikasi Google Maps

Google Maps merupakan sebuah layanan digital berbentuk peta. Layanan ini akan menampilkan gambar lokasi jalanan, hingga tingkat kemacetan pada berbagai ruas jalan di seluruh dunia. Bahkan, layanan ini juga dapat menampilkan bentuk dan rupa dari planet bumi beserta detail dalamnya.

Google Maps dapat diakses melalui komputer, smartphone, ataupun tablet. Membuka Google Maps juga dibutuhkan internet yang stabil dan lancar. Apabila koneksi internet buruk, maka Google Maps akan error.

Cara Melacak Mobil dengan Aplikasi Google Maps

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang dilakukan untuk melacak mobil menggunakan aplikasi Google Maps.

1. Mengunduh Aplikasi Google Maps Terlebih Dahulu

Hal utama yang harus dilakukan adalah dengan mengunduh aplikasi Google Maps terlebih dahulu. Aplikasi Google Maps dapat diunduh lewat Playstore pada Android, atau App Store pada perangkat iOS. Namun, biasanya aplikasi Google Maps sudah terinstall pada perangkat Android, sehingga bisa langsung digunakan.

2. Sign-In Google Maps

Jika sudah mengunggah aplikasi Google Maps, daftarkan akun terlebih dahulu. Klik sign in, kemudian masukkan username dan password yang sebelumnya sudah dibuat.

Meksipun demikian, pengguna bisa langsung menggunakan Google Maps dengan masuk lewat email aktif. Ketika pengguna sudah masuk, maka langsung diarahkan ke halaman utama Google Maps.

Baca Juga: Cara Menggunakan Peta Digital agar Aman saat Berkendara

3. Koneksikan Perangkat GPS dengan Smartphone

Untuk melacak mobil, pengguna harus menghubungkan smartphone dengan perangkat GPS lewat Google Maps agar mendapatkan pemberitahuan. Caranya adalah menekan tombol “tambahkan perangkat GPS”. Kemudian, klik jenis mobil pada akun. Agar lebih mudah untuk ditemukkan, disarankan untuk menggunakan nama pribadi ketika untuk kendaraan yang digunakan.

4. Bagi Lokasi Kendaraan

Ketika pengguna sudah sukses menghubungkan GPS dengan Google Maps, maka pengguna langsung mendapatkan notifikasi. Posisi mobil juga akan otomatis ditampilkan pada Google Maps. Ketika pengguna membuka aplikasi Google Maps, maka akan muncul titik yang menandakan mobil pada peta aplikasi.

Pengguna dapat menentukan tampilan Google Maps, mulai dari satelit hingga tampilan peta tanpa bangunan. Untuk melacak mobil, pengguna tinggal mengetuk lingkaran kecil berwarna biru yang berada pada bagian kanan.

5. Atur Waktu Berbagi Lokasi

Pengguna bisa menentukan berapa lama waktu durasi. Pengaturan waktu dapat menampilkan secara real time lokasi mobil berada. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus menyalakan fitur GPS terlebih dahulu. Hal ini dapat memudahkan dalam memantau lokasi mobil.

6. Periksa Riwayat Perjalanan

Selain untuk melacak mobil, Google Maps juga bisa digunakan untuk mengecek riwayat perjalanan yang pernah dilakukan. Peengguna bisa melihat berbagai perjalanan yang sudah ditempuh.

Untuk mengeceknya, pengguna bisa menekan menu sebelah kanan, kemudian pilih riwayat perjalanan. Daftar perjalanan yang sudah ditempuh oleh pengguna akan langsung tertera.

mobil terkait

Rp 345.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 205.000.000

Individu

SURABAYA

Rp 343.700.000

Individu

JAKARTA

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 331.100.000

Individu

Rp 309.100.000

Individu


Kembali ke atas