Begini Cara Mematikan Alarm Mobil Avanza yang Error

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 11 October 2022

Begini Cara Mematikan Alarm Mobil Avanza yang Error

momobil.id – Bagi pemilik Toyota Avanza, terkadang alarm mobil secara tiba-tiba berbunyi nyaring padahal mobil sedang dalam kondisi yang aman. Mobil otomatis menjadi perhatian orang, dan pemilik mobil terkadang panik dan buru-buru mencari kunci mobil. Namun pengemudi mobil tidak perlu panik, berikut adalah berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mematikan alarm mobil Toyota Avanza yang error.

Penyebab Alarm yang Error

Alarm mobil merupakan komponen penting bagi sistem keamanan kendaraan. Biasanya, alarm mobil berhubungan dengan panel pada mobil seperti tuas pembuka pintu, kap mesin, dan bagian pengunci lainnya pada pintu mobil. Hal ini sengaja dilakukan agar mobil terhindar dari modus kejahatan atau kejadian yang tidak diinginkan.

Ada berbagai tingkat sensitifitas dari alarm mobil. Untuk alarm yang mahal, biasanya memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi. Bahkan, alarm mobil dapat berbunyi ketika hanya terkena getaran. Alarm yang terlalu sensitif juga bisa menjadi penyebab dari alarm yang terus berbunyi. Hal ini akan sangat mengganggu apabila bunyi alarm tidak bisa dihentikan, padahal mobil dalam keadaan aman.

Alarm mobil bisa saja terus berbunyi akibat baterai central lock door yang habis. Pintu hanya bisa dibuka secara manual apabila baterai central lock sudah habis. Tentunya hal ini dapat menyebabkan kebisingan alarm.

Baca Juga: Mengenal Cara Kerja Sensor Mobil Toyota Parking Assist

Cara Mematikan Alarm Mobil Toyota Avanza yang Error

Alarm mobil yang error dan tidak bisa dimatikan tentu sangat mengganggu. Namun, pemilik mobil tidak perlu panik. Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mematikan alarm mobil, khususnya mobil Toyota Avanza.

1. Menghidupkan Mesin Mobil

Ketika alarm sedang bermasalah, biasanya alarm Avanza akan berbunyi ketika mobil dalam keadaan terkunci. Apabila ada di keadaan seperti ini, pemilik mobil perlu membuka mobil secara manual, kemudian nyalakan mesin. Hal ini dilakukan untuk mematikan alarm.

Alarm mati apabila kunci kontak berada di lubang ignition untuk menghidupkan mesin. Usahakan menggunakan kunci kontak yang asli. Meskipun demikian, tidak semua mobil bisa dimatikan dengan cara ini. Ada mobil yang alarmnya tidak bisa dimatikan meski sudah menggunakan kunci kontak asli saat menghidupkan mesin.

2. Menekan Tombol Unlock dan Lock Bersamaan

Pada Toyota Avanza keluaran lama, biasanya tidak dilengkapi dengan tombol silent. Kunci mobil hanya tersedia tombol lock dan unlock. Menekan kedua tombol ini dapat mematikan alarm mobil.

Untuk melakukannya, pastikan pintu dan kap mobil berada pada posisi tertutup rapat. Lalu, tekan tombol lock-unlock-lock-lock dengan cepat dan jangan diberi jeda. Perlu dicatat bahwa langkah ini hanya untuk Avanza versi lama.

Untuk Avanza keluaran terbaru, tekan tombol silent dan kemudian tekan tombol lock. Kemudian, bunyi klakson akan terdengar sebagai tanda mode silent telah diaktifkan.

3. Mode Silent Diaktifkan

Pada beberapa model Avanza, terdapat tombol silent pada kunci kontak. Tombol mode silent biasanya ditandai dengan gambar speaker yang dicoret. Ketika mode ini diaktifkan, maka bunyi alarm akan otomatis mati.

Untuk mengaktifkan mode silent, tekan tombolnya kemudian tahan sedikit hingga alarm tidak berbunyi. Setelah itu, aktifkan kembali mode alarm agar mobil tetap aman dengan menekan kembali tombol silent sedikit lebih lama.

4. Memutar Ulang Kunci di Lubang Ignition

Apabila ketiga cara di atas gagal, maka pemilik mobil bisa memutar-mutar kunci pada lubang ignition. Putarlah kunci ke posisi mode on, kemudian putar ke posisi ACC. Lakukan hal ini secara berulang hingga 8-11 kali dengan cepat.

mobil terkait

Rp 179.000.000

Individu

JEMBER

Rp 116.000.000

Individu

JEMBER

Rp 142.000.000

Individu

JEMBER

Rp 125.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 143.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 182.000.000

Individu

PEKANBARU


Kembali ke atas