Begini Cara Membersihkan Spakbor Mobil yang Tepat

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 27 December 2023

Begini Cara Membersihkan Spakbor Mobil yang Tepat

momobil.id – Bagian mobil yang sering terkena kotoran, debu, aspal, dan lumpur adalah spakbor. Spakbor yang kotor dan tidak terawat tentunya membuat tampilan mobil menjadi tidak enak dipandang. Agar spakbor terlihat bersih, berikut ini merupakan cara membersihkan spakbor mobil yang tepat.

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Sebelum membersihkan bagian spakbor, persiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang diperlukan. Alat dan bahan yang disiapkan tidak banyak. Pemilik mobil hanya perlu menyiapkan ember, selang, sabun mobil atau pembersih khusus, sikat halus atau sikat gigi, dan lap kering.

2. Mencopot Roda Apabila Sulit Dijangkau

Spakbor mobil yang terletak pada bagian kolong aksesnya tentu terbatas. Apabila sulit untuk menjangkau area kotor pada spakbor, pemilik mobil bisa mencopot roda terlebih dahulu agar pembersihan lebih maksimal. Bila area kotor masih bisa dijangkau dengan tangan, maka pemilik mobil tidak perlu mencopot roda.

3. Bilas Karpet dan Kolong Spakbor dengan Air

Cara utama membersihkan spakbor mobil adalah dengan membilas karpet dan area bagian kolong dengan air bersih. Semprotlah air dengan tekanan sedang agar karpet tidak rusak, serta kotoran yang menempel dapat mudah terangkat ketika saat disikat nanti.

Baca Juga: Kenali Cara Membersihkan Kerak Oli pada Mesin Mobil

4. Semprot Air Sabun

Setelah membilas bagian karpet dan spakbor, pemilik mobil bisa menyemprot air sabun. Pemilik mobil bisa saja mengguyur air sabun dengan gayung sedikit demi sedikit, namun hasilnya tidak akan maksimal. Semprotkan air sabun ke bagian yang kotor lebih banyak agar kotoran mudah terangkat.

5. Sikat Bagian Spakbor Secara Perlahan

Setelah menyemprotkan air sabun, sikatlah bagian karet spakbor mobil. Tidak lupa untuk menyikat bagian kolong. Lakukan penyikatan dengan sikat halus secara searah. Hal ini bertujuan agar karpet spakbor tidak tergores atau rusak.

6. Siram dengan Air Bersih dan Keringkan

Apabila kotoran pada spakbor mobil dirasa sudah hilang, siram kembali menggunakan air bersih. Ada baiknya untuk menyemprot air dengan tekanan yang lebih tinggi agar seluruh kotoran dan air sabun luntur, serta spakbor dalam keadaan bersih. Kemudian, keringkkan spakbor menggunakan lap kering dan bersih. Pastikan tidak ada sisa-sisa air yang menempel pada celah atau lipatan.

mobil terkait

Rp 177.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 277.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 137.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 168.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 120.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 90.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas