Begini Cara Membuka Kap Mesin Mobil yang Terkunci

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 21 August 2023

Begini Cara Membuka Kap Mesin Mobil yang Terkunci

momobil.id – Hal pertama yang dilakukan ketika hendak memeriksa mesin mobil adalah dengan membuka kap mesin. Meskipun jarang mengalami masalah berat, kap mesin bisa saja terkunci atau macet. Lantas, bagaimana cara membuka kap mesin mobil yang terkunci?

Cara Membuka Kap Mesin yang Benar

Sebelum mengetahui cara mengatasi kap mesin mobil yang terkunci, ada baiknya untuk memahami cara membuka kap mesin mobil yang benar. Berikut langkahnya.

1. Kondisi Mesin dalam Keadaan Mati

Sebelum membuka kap mesin, pastikan terlebih dahulu mesin mobil dalam keadaan mati dan di posisi parkir yang aman seperti tempat datar. Setelah itu, pastikan posisi transmisi atau persneling kopling berada pada posisi netral.

2. Aktifkan Rem Tangan

Mobil yang bergeser ketika kap mesin dalam keadaan terbuka tentu sangat berbahaya. Untuk memastikan mobil diam di tempat, maka pemilik mobil perlu mengaktifkan rem tangan.

3. Membuka Kap Mesin saat Mesin dalam Keadaan Dingin

Untuk mencegah tangan terluka akibat panas, ada baiknya untuk membuka kap mesin saat mesin mobil dalam keadaan dingin. Kap mesin terbuat dari bahan logam yang mampu menghantarkan panas. Ketika mobil masih dalam keadaan panas, kap mesin tentu akan menjadi sangat panas.

4. Tarik Tuas Penarik Kap

Untuk membuka kap mesin, pemilik mobil perlu menarik tuasnya. Tuas kap mesin umumnya berada sebelah kanan bawah dashboard bagian pengemudi. Meskipun demikian, ada juga yang terletak di sebelah kanan bawah jok pengemudi.

Bentuk tuas kap mesin juga bervariasi, mulai dari bentuk kotak hingga bulat. Biasanya, pabrikan akan memberikan simbol kap mesin pada bagian tuas ini. Tuas kap mesin berfungsi untuk membuka pengunci 1 pada kap mesin.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Pemilik mobil cukup menarik tuas hingga terdengar bunyi klik pada bagian kap mesin. Jika belum terdengar bunyi klik, maka pemilik mobil disarankan untuk menarik kembali tuas tersebut.

5. Menarik Pengait Kap Mesin

Kap mesin dilengkapi dengan dua sistem penguncian. Setelah menarik tuas kap mesin, pemilik mobil perlu membuka pengait kap mesin. Pengait ini berfungsi untuk mengaitkan tiang penyangga dengan kap mesin.

Cara membukanya pun cukup mudah. Pemilik mobil hanya perlu memasukan jari di antara celah kap mesin bagian tengah, kemudian cari knop pipih berbentuk segi empat. Pengait ini cukup perlu di tekan ke samping atau ke atas sambil mengangkat kap.

Pada mobil yang sudah dilengkapi suspensi pada bagian kap mesin, pemilik mobil hanya cukup menarik sedikit kap mesin. Kemudian kap akan naik secara otomatis.

6. Memasang Tiang Penyangga

Tiang penyangga berfungsi untuk menyangga kap mesin agar tidak tertutup. Pastikan tiang penyangga terpasang ketika kap mesin dalam keadaan terbuka. Caranya cukup mudah, pemilik mobil perlu mencari tiang penyangga kap, kemudian kaitkan tiang dengan pengait yang berada di bagian bawah kap mesin.

7. Menutup Kembali Kap Mesin

Setelah selesai mengecek kondisi mesin mobil, pemilik mobil bisa menutup kembali kap mesin. Tahap pertama adalah menurunkan tiang penyangga kap terlebih dahulu. Kemudian, beri sedikit tenaga untuk mendorong kap mesin agar kap terkunci dengan rapat.

Namun, beberapa mobil memiliki kap mesin yang didesain khusus. Jadi, pemilik mobil hanya perlu menekan ujung kap mesin agar terkunci rapat.

Baca Juga: Cara Menutup Kap Mesin Mending Dibanting atau Ditekan? Ini Kata Ahlinya

Penyebab Kap Mesin Mobil Terkunci

Kap mesin mobil jarang mengalami masalah yang berat. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang dapat membuat kap mesin mobil terkunci atau macet.

Dilansir dari GridOto, kap mesin yang macet biasanya disebabkan oleh mekanisme per pengunci yang rusak atau pengunci yang kurang pelumas. Selain per, hal lain yang menyebabkan masalah pada pengunci kap mesin yakni kabel yang menghubungkan tuas kunci dengan pengunci kap mesin. Masalah pada kabel biasanya karena kendur atau putus.

Selain masalah di atas, kap mesin mobil yang macet atau terkunci bisa terjadi karena adanya endapan kotoran di dalamnya.

Solusi Membuka Kap Mesin Mobil yang Terkunci atau Macet

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kap mesin mobil yang macet atau terkunci.

1. Memberi Pelumas pada Pengunci Kap Mesin

Sistem pengunci kap mesin seringkali terkunci atau macet karena kurangnya pelumas. Apabila terjadi hal demikian, maka pemilik mobil cukup membersihkan pengunci, kemudian beri pelumas.

2. Mengganti Per Pengunci yang Rusak

Per pengunci yang sudah rusak dapat membuat kap mesin macet atau terkunci. Jika terjadi demikian, pemilik mobil perlu mengganti pengunci sekaligus per penguncinya dengan yang baru.

Harga per pengunci kap mesin cukup murah. Pemilik mobil bisa mendapatkannya dengan harga di bawah Rp200 ribu. Meskipun demikian, pemilik mobil harus memperhatikan per sesuai dengan tipe dan jenis mobil.

3. Memeriksa Kabel yang Menghubungkan Sistem Penguncian Kap dengan Tuas

Kabel yang menghubungkan sistem penguncian kap dengan tuas bisa saja bermasalah. Oleh karena itu, periksalah kabel tersebut terlebih dahulu. Apabila kabel sudah kendur, maka pemilik mobil perlu mengencangkan kabel. Jika putus, maka pemilik mobil harus menggantinya dengan yang baru sesuai dengan jenis dan tipe mobil.

4. Membersihkan Sistem Penguncian Kap Mesin

Kotoran bisa saja mengendap pada sistem penguncian kap mesin. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkannya menggunakan sabun khusus. Kemudian, beri pelumas pada bagian engsel agar kap mesin menjadi lebih mudah dibuka.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kap mesin yang terkunci atau macet.

mobil terkait

Rp 175.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 285.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 370.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 165.000.000

Individu

SIDOARJO

Rp 145.000.000

Individu

SIDOARJO

Rp 98.000.000

Individu

SIDOARJO


Kembali ke atas