Begini Cara Mendeteksi Mobil Bekas Tabrakan

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 8 June 2022

Begini Cara Mendeteksi Mobil Bekas Tabrakan

momobil.id – Mobil bekas menjadi pilihan bagi orang yang ingin membeli mobil, namun memiliki budget minim. Selain murah, pilihan mobil bekas juga beragam. Mulai dari mobil mewah, hingga mobil standar dan murah. Meskipun harga mobil bekas lebih murah, calon pemilik mobil perlu berhati-hati saat hendak membeli. Mobil bekas di pasaran terkadang tidak mengandung informasi yang jujur soal kondisi mobil. Bahkan, ada yang menjual mobil yang pernah mengalami tabrakan. Agar calon pemilik mobil tidak tertipu, berikut adalah cara mendeteksi mobil bekas yang pernah mengalami tabrakan.

Cat Mobil Belang

Salah satu cara untuk mendeteksi mobil bekas yang sudah pernah tabrakan adalah dengan memeriksa cat mobil. Pada umumnya, hasil cat dari pabrikan tidak akan berbeda warna. Apabila warna mobil belang pada suatu bagian, maka bisa dikatakan bahwa mobil tersebut pernah tabrakan. Bagian mobil yang dimaksud antara lain adalah ruang mesin, pintu, bagasi, atau dek bawah. Selain itu, jika ada warna baut yang tertutup cat sewarna bodi, maka bisa jadi indikasi mobil pernah dicat ulang.

Celah Nat yang Tidak Rata

Selain cat mobil, perhatikan juga celah-celah pada nat. Celah yang dimaksud ada pada bagian nat kap mesin, bumper depan dan belakang, nat pintu, serta bagasi. Pada umumnya, mobil yang pernah mengalami tabrakan memiliki celah yang tidak presisi. Untuk melihatnya, perhatikan celah di sisi kanan, kiri, dan bagian bawah. Usahakan celah kiri dan kanan sama rapat. Untuk mengecek celah bagian pintu, celah pada pintu atau bagasi yang terlihat besar kemungkinan sudah pernah diperbaiki sebelumnya. Sementara untuk bagian kap mesin apabila kap mesin tidak lurus dan tidak presisi, maka kemungkinan k

Baca Juga: Cari Mobil Bekas, Mending Bertransmisi Matik atau Manual?

Terdapat Karat pada Bodi Mobil Bekas

Setiap mobil keluaran terbaru sudah diberikan lapisan anti karat oleh pabrikan. Apabila muncul karat di beberapa bagian mobil, maka mobil tersebut pernah terendam banjir atau mengalami tabrakan. Periksalah bagian di bawah mesin, dekat shockbreaker, tempat aki, dan area di sekitar mesin. Calon pemilik mobil wajib curiga apabila terdapat karat pada mobil yang berusia di bawah 7 tahun.

Dudukan Karet Mobil Bergelombang

Salah satu ciri lain dari mobil bekas tabrakan ada pada dudukan karet mobil. Jika dudukan karet bergelombang, maka bisa dipastikan mobil pernah mengalami tabrakan. Salah satu cara untuk mengeceknya adalah dengan menarik karet yang berada pada bagian bodi seperti pintu, bagasi, atau kap mesin. Apabila di balik karet ada tulangan yang bergelombang, sebaiknya pikir-pikir dahulu sebelum meminang mobil tersebut.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas