Berdasarkan Kilometer atau Hitungan Bulan? Begini Cara Menentukan Waktu Perawatan Berkala

Ditulis oleh : Helen Birgitta | 27 August 2019

Berdasarkan Kilometer atau Hitungan Bulan? Begini Cara Menentukan Waktu Perawatan Berkala

momobil.id – Perawatan berkala merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan pemilik mobil agar performa kendaraannya tetap prima. Service berkala wajib dilakukan oleh pemilik mobil semua brand, baik itu Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, Mitsubishi, dan sebagainya,

Perawatan berkala perlu dilakukan untuk memonitor kondisi komponen kendaraan apakah masih prima atau sudah waktunya diganti. Beberapa komponen yang biasa diperiksa seperti kualitas oli mesin, fungsi kelistrikan, saringan udara, dan sebagainya. Bagi yang membeli mobil dalam kondisi baru, pihak showroom selalu memberikan buku manual yang didalamnya turut diberi penjelasan mengenai kapan waktu ideal untuk melakukan perawatan berkala baik dalam hitungan kilometer atau hitungan bulan.

Lantaran ada dua opsi yakni berdasarkan hitungan kilometer atau jangka waktu (hitungan bulan), ada beberapa pemilik mobil yang ragu untuk mendaftarkan mobilnya ke bengkel resmi untuk mendapatkan perawatan berkala. Keraguan itu muncul lantaran bingung memilih apakah harus mengikuti berdasarkan hitungan kilometer atau hitungan bulan. Untuk menjawab hal tersebut, Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman, menjelaskan bahwa pemilik mobil tak harus mengacu pada salah satu acuan karena perawatan berkala tergantung pada pemakaian kendaraan.

“Jangan fokus pada salah satu opsi acuan servis. Pemilik juga harus memperhatikan penggunaan mobil sehari-hari,” kata Ade seperti dilansir iNews.id.

Menurut Ade, jika kendaraan itu digunakan untuk beraktivitas sehari-hari dengan jarak yang jauh secara rutin, pemilik tidak boleh mengacu pada durasi waktu service atau hitungan bulan. “Jika mobil digunakan setiap hari untuk bekerja, pemilik mobil tidak boleh merujuk ke acuan setelah tiga atau enam bulan, melainkan menggunakan acuan jarak tempuh,” kata Ade.

Baca Juga: Mobil kamu termasuk irit atau boros? Begini cara menghitung konsumsi BBM

Sebaliknya, lanjutnya, jika mobil jarang digunakan, maka bisa didasarkan pada waktu, sehingga service rutin kendaraan terus bejalan secara optimal dan umur kendaraan bisa lebih lama. “Jawabannya mengacu pada yang mana lebih dulu tercapai, jarak atau waktu. Jika jarak atau waktu tercapai, segera service mobilnya,” kata Ade.

Nah, sekarang tidak perlu bingung lagi menentukan waktu service mobil, dan ketentuan ini berlaku untuk semua brand mobil baik itu Daihatsu, Toyota, Mitsubishi, Suzuki, Wuling, dan sebagainya.

Sumber gambar: IST


Kembali ke atas