Begini Cara Mengatasi Mobil yang Gagal Menanjak

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 31 May 2022

Begini Cara Mengatasi Mobil yang Gagal Menanjak

momobil.id – Ketika berkendara, pengemudi pasti menemui berbagai macam medan jalanan. Ketika melewati tanjakan, sebagian pengemudi tentu merasa takut apabila mobil tidak kuat menanjak. Bahkan, mobil bisa saja gagal menanjak dan mundur tidak terkendali. Ada banyak kondisi yang dapat menyebabkan mobil gagal menanjak. Misalnya seperti jalanan yang licin, kondisi movil yang tidak prima, hingga teknik mengemudi yang salah. Lantas, bagaimana cara mengatasi mobil yang gagal menanjak?

Sony Susmana selaku Training Director Safety Defensive Consultant mengatakan bahwa salah satu cara untuk menanggapi mobil yang tidak kuat menanjak adalah jangan panik. Pengemudi harus tetap dalam kondisi tenang meskipun mobil tidak kuat menanjak. Introspeksi diri terlebih dahulu apa masalah yang mengakibatkan mobil gagal menanjak. Mobil yang tidak kuat menanjak biasanya disebabkan karena kekurangan kecepatan atau momentum saat melewati tanjakan. Selain itu, kesalahan pemilihan transmisi juga bisa menyebabkan mobil terasa kekurangan tenaga.

Baca Juga: Cara Mengemudikan Mobil Manual di Tanjakan agar Tak Mundur Sendiri

Cara mengatasi mobil yang gagal menanjak lainnya adalah mencari trik sebelum menanjak. Mobil bisa mundur terlebih dahulu ke permukaan jalanan yang lebih rata. Sebelum menanjak, mobil harus membawa kecepatan dan momentum yang besar serta menggunakan gigi rendah.

Trik yang Perlu Diperhatikan Saat Mobil Gagal Menanjak

Ada beberapa trik yang pengemudi perhatikan saat mobil berada di posisi gagal menanjak. Apabila mobil kehilangan tenaga di jalan menanjak, gunakan gigi rendah. Kehilangan tenaga seringkali terjadi karena pengemudi keliru menggunakan gigi. Selain itu, ketika mobil gagal menanjak, pengemudi bersiap menarik handbrake untuk mencegah kendaraan mundur. Pastikan situasi di sekeliling aman sebelum kembali berakselerasi. Kemudian, atur kecepatan kendaraan secara perlahan saat akselerasi di jalan menanjak.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas