Begini Cara Mengatasi Silau Lampu Mobil saat Berkendara

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 15 April 2024

Begini Cara Mengatasi Silau Lampu Mobil saat Berkendara

momobil.id – Pengemudi membutuhkan kewaspadaan lebih ketika berkendara di malam hari. Ketika mengemudi di keadaan gelap, seringkali kita menemukan pengemudi yang berkendara dengan lampu jauh. Hal ini tentu sangat mengganggu dan bisa membahayakan. Agar tetap aman dan fokus berkendara, berikut cara mengatasi silau lampu mobil yang berlebihan.

Silau Lampu Mobil dari Depan atau Arah Berlawanan

Berikut ini merupakan beberapa cara ampuh mengatasi silau lampu mobil dari arah depan.

1. Beri Peringatan dengan Lampu Dim

Ketika ada mobil atau motor yang menggunakan lampu jauh atau lampu HID (sinar putih) dari arah berlawanan, pengemudi perlu memberikan isyarat dengan menyalakan lampu dim. Mainkan lampu dim beberapa kali dan sebentar. Hal ini dilakukan untuk mengingatkan pengemudi dari arah berlawanan agar dapat menurunkan lampu mobil dari high menjadi low.

2. Alihkan Pandangan ke Arah Kiri atau Bahu Jalan

Untuk menghindari silau lampu mobil dari depan, pengemudi bisa mengalihkan pandangan sedikit ke arah kiri. Meskipun demikian, pastikan tidak sampai kehilangan fokus pada jalanan di depan. Pengemudi juga bisa mengalihkan pandangan ke arah bahu jalan agar konsentrasi tetap di area jalanan.

3. Sedikit Menyipitkan Mata

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi silau dari arah depan adalah dengan sedikit menyipitkan mata. Meskipun demikian, pastikan pengemudi tetap bisa melihat pandangan ke depan dengan jelas. Pengemudi harus tetap konsentrasi pandangan ke jalan dan tidak melihat sorot lampu sambil menyipitkan mata.

4. Menggunakan Kacamata Sedikit Gelap

Apabila jalanan ramai, tingkat lalu lalang kendaraan tinggi dan menyilaukan, pengemudi dapat menggunakan kacamata yang sedikit gelap untuk mengurangi intensitas cahaya. Penggunaan dari kacamata ini tidak disarankan ketika melewati area yang gelap dengan intensitas kendaraan yang jarang.

5. Kaca Depan dalam Keadaan Bersih

Adanya debu dan kotoran dapat memperburuk efek silau pada kaca depan. Oleh karena itu, pastikan kaca depan mobil selalu dalam keadaan bersih. Untuk memastikan kondisi kaca benar-benar bersih, gunakan pembersih kaca yang direkomendasikan dengan kualitas bagus.

6. Gunakan Pelapis Kaca Anti Silau

Cara paling efektif untuk mengurangi silau pada kaca depan mobil adalah dengan menggunakan pelapis kaca anti silau. Pelapis ini mampu mengurangi pantulan cahaya yang mampu mengganggu pandangan pengemudi ke jalan. Gunakan pelapis kaca anti silau yang berkualitas agar mampu mengurangi pantulan cahaya dengan maksimal.

Baca Juga: Perhatikan Hal ini Saat Hendak Modifikasi Lampu Mobil

Silau Lampu Mobil dari Belakang atau Spion

Seringkali pengemudi menemukan mobil di belakang menyorotkan lampu dan menyebabkan silau saat berkendara. Berikut ini cara menghindari silau yang diakibatkan lampu mobil belakang.

1. Mengatur Posisi Spion

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari silau dari bagian belakang adalah dengan mengatur posisi spion kendaraan. Spion tengah bisa difungsikan untuk menghalau silau dari lampu mobil belakang yang menggunakan high beam. Pengemudi bisa mengaktifkan mode malam lewat tuas kecil di bagian tengah bawah spion. Dengan ini, cahaya dari belakang tidak akan langsung mengenai mata.

Selain itu, posisi spion bagian samping juga bisa diatur untuk menghindari silau di bagian belakang. Pengemudi bisa menundukan kaca spion mobil sedikit agar pandangan tidak sampai jauh ke belakang mobil. Lakukan hal ini apabila intensitas cahaya dari arah belakang sangat tinggi.

2. Memanfaatkan Kaca Film Jendela

Pengemudi bisa memanfaatkan kaca film untuk mengatasi silau dari bagian belakang mobil. Kaca film pada jendela bisa memfilter cahaya dari spion mobil.

Itulah beberapa cara untuk menghindari silau lampu mobil saat berkendara. Temukan mobil favorit kamu gak pake ribet, download aplikasi adiraku sekarang.

mobil terkait

Rp 108.000.000

Individu

JEMBER

Rp 160.000.000

Individu

JEMBER

Rp 77.000.000

Individu

JEMBER

Rp 385.000.000

Individu

TANGERANG

Rp 115.000.000

Individu

TANGERANG

Rp 420.000.000

Individu

TANGERANG


Kembali ke atas