Begini Cara Mengecek CCTV untuk Memantau Lalu Lintas

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 10 February 2024

Begini Cara Mengecek CCTV untuk Memantau Lalu Lintas

momobil.id – Masyarakat yang hendak melakukan perjalanan, terutama saat libur panjang dihimbau untuk melakukan perencanaan supaya tidak terjebak macet. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mengecek kondisi lalu lintas.

Saat ini, pengecekan kondisi lalu lintas bisa dilakukan dengan melihat secara langsung arus lalu lintas yang hendak dilalui. Pengguna bisa memanfaatkan situs web dan aplikasi layanan untuk memantau CCTV secara terkni. Lantas, bagaimana cara mengecek CCTV untuk memantau kondisi lalu lintas jalan yang hendak dilewati?

Cara Cek CCTV Jalan Lewat Website

Pengemudi bisa memantau CCTV jalan dengan cara mengakses lewat laman website. Berikut ini merupakan sejumlah laman website yang bisa dimanfaatkan untuk memantau kondisi lalu lintas.

1. ATCS Dishub

Salah satu situs yang bisa digunakan untuk memantau kondisi lalu lintas lewat CCTV adalah ATCS (Area Traffic Control System) Dinas Perhubungan. Tayangan CCTV pada situs ATCS hanya terbatas pada ruas jalan yang berada di suatu kota. Oleh karena itu, tiap kota atau kabupaten masing-masing memiliki alamat situs ATCS yang berbeda-beda.

Beberapa kota yang memiliki situs ATCS termasuk Bandung dan Yogyakarta. Link CCTV lalu lintas ATCS Dishub Kota Bandung bisa diakses di http://atcs-dishub.bandung.go.id/. Sementara itu, link CCTV lalu lintas ATCS Dishub Yogyakarta adalah https://dishub.jogjaprov.go.id/atcs-diy.

Untuk mengakses situs ATCS setiap kota, pengguna bisa mencari di Google dengan kata kunci “ATCS Dishub”. Kemudian tambahkan nama kota atau kabupaten yang ingin dipantau kondisi lalu lintasnya.

2. RTTMC Kemenhub

Pengemudi bisa mengakses situs web Road Transport and Traffic Management Center (RTTMC) dari Kementrian perhubungan. Lewat situs RTTMC Kemenhub, pengguna bisa memantau kemacetan secara live dari sejumlah ruas jalan di beberapa area.

RTTMC Kemenhub menyediakan tayangan lebih dari 30 lokasi yang menjadi titik rawan kemacetan. Meskipun demikian, tidak semua ruas jalan di Indonesia dapat dipantau kondisi lalu lintasnya lewat situs ini. Pengguna yang ingin mengakses website resmi bisa melalui link berikut: http://rttmc.dephub.go.id/rttmc/livecctv.

3. Lewatmana.com

Salah satu layanan CCTV live streaming yang bisa digunakan untuk memantau kondisi lalu lintas adalah Lewatmana.com. Situs ini memiliki tayangan CCTV lalu lintas di beberapa daerah, antara lain DKI Jakarta, Depok, Bandung, dan Surabaya. Pengguna bisa mengakses situs ini dengan mengunjungi laman lewatmana.com.

Baca Juga: Begini Cara Set Ganjil Genap di Aplikasi Google Maps

Cara Cek CCTV Jalan Lewat Aplikasi

Selain menggunakan website, pengguna juga bisa mengecek CCTV ruas jalan dengan menggunakan aplikasi di smartphone. Berikut ini merupakan beberapa aplikasi yang digunakan untuk memantau kondisi jalan lewat tayangan CCTV.

1. CCTV ATCS Indonesia

Untuk memantau CCTV kondisi lalu litas, ATCS juga menyediakan layanan aplikasi yang bisa diunduh lewat Play Store dan App Store. Aplikasi CCTV ATCS Indonesia memiliki ukuran yang cukup kecil, namun sudah mencakup sejumlah di Indonesia. Diantaranya, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Aceh, Bali, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

2. SITS

Bagi warga Surabaya yang ingin mengecek CCTV untuk memantau keadaan lalu lintas, salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah SITS. SITS atau Surabaya Intelligent Transport System bisa diunduh di laman Play Store. Setidaknya ada 90 ruas jalan yang bisa dipantau kondisinya pada aplikasi ini.

3. Travoy

Aplikasi yang disediakan oleh Jasa Marga ini bisa digunakan untuk memantau live streaming kondisi jalanan secara online. Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi Travoy yang sudah tersedia di App Store dan Play Store.

Aplikasi Travoy terhubung dengan CCTV yang terdekat dengan lokasi. Umumnya CCTV berlokasi di ruas jalan tol. Untuk mengaksesnya, pengguna bisa membuka menu “Maps” pada halaman awal aplikasi Travoy. Kemudian, klik ikon kamera CCTV yang terdapat pada ruas jalan tol. Siaran secara real time akan otomatis terlihat.

4. Live Streaming Tol Kita

Aplikasi yang dikembangkan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementrian PUPR ini bisa dimanfaatkan untuk melihat kondisi lalu lintas secara live streaming. Lewat aplikasi Tol Kita, pengguna dapat melihat rekaman kondisi lalu lintas secara langsung lewat CCTV yang dipasang di ruas jalan tol.

Pengguna bisa mengunduh aplikasi Tol Kita lewat App Store dan Play Store. Setelah selesai diunduh, buka aplikasi, kemudian klik menu “CCTV” yang tertera di halaman utama. Klik ikon CCTV di ruas jalan tol yang tertera di peta. Pengguna bisa melihat langsung live streaming kondisi lalu lintas.

Itulah beberapa cara untuk melihat kondisi lalu lintas jalanan lewat CCTV di website atau aplikasi smartphone. Temukan mobil favorit kamu gak pake ribet, download aplikasi adiraku sekarang.

mobil terkait

Rp 145.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 138.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 118.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 100.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 120.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 140.000.000

Individu

DENPASAR


Kembali ke atas