Begini Cara Menggunakan Wiper Mobil yang Tepat

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 19 October 2022

Begini Cara Menggunakan Wiper Mobil yang Tepat

momobil.id – Ketika hujan, wiper merupakan komponen utama yang mampu membersihkan dan menyapu air hujan pada bagian kaca mobil. Oleh karena itu wiper memiliki peranan penting pada mobil. Untuk menyalakan wiper, biasanya terdapat tuas pada bagian belakang mobil dengan berbagai macam simbol. Berikut adalah cara menggunakan wiper mobil dengan simbol yang tertera pada bagian tuasnya.

Fungsi Wiper pada Mobil

Wiper pada mobil merupakan komponen penting, terutama ketika musim hujan. Komponen ini berfungsi untuk menyeka air dan kotoran, serta membersihkan kaca mobil di bagian depan dan belakang.

Bila mobil tidak menggunakan wiper, tentu air hujan dan kotoran akan menempel pada bagian kaca. Kotoran yang menempel dalam waktu lama akan mengendap dan membuat pandangan pengemudi menjadi terhalang. Hal ini juga bisa menyebabkan potensi kecelakaan meningkat.

Cara Menggunakan Wiper Depan pada Mobil

Untuk mengaktifkan wiper pada bagian kaca depan, umumnya menggunakan tuas yang berada di balik setir mobil. Pada tuas wiper, terdapat beberapa simbol yang mewakili fungsi wiper. Berikut ini merupakan simbol yang berada pada tuas wiper beserta penggunaannya.

1. Intermittent

Pada tuas wiper mobil, terdapat simbol betuliskan INT. Simbol “INT” merupakan singkatan dari intermittent. Fungsi ini digunakan untuk mengusap titik-titik air yang jatuh di bagian kaca depan dan tidak tersapu oleh mode wiper yang paling lambat.

Cara menggunakannya, geser tuas wiper dari posisi off ke posisi intermittent. Wiper akan otomatis masuk ke dalam mode intermittent dan menyapu air yang berada pada bagian kaca depan.

Pada mode intermittent, wiper akan menyapu kaca depan dengan interval tertentu. Beberapa mobil juga disematkan fitur pengatur kecepatan intermittent dari gerakan lambat hingga paling cepat.

Ciri-ciri pengaturan intermittent adalah tanda segitiga yang terbagi dalam beberapa kotak. Semakin besar simbol kotak, maka interval wiper dengan mode intermittent bekerja semakin lama. Untuk pengaturannya, biasanya dilakukan dengan memutar switch pada ujung tuas pengoperasian.

2. Mist

Simbol Mist berada pada bagian paling atas tuas. Mist memiliki fungsi untuk mengoperasikan wiper hanya sekali sapuan setiap diaktifkan. Untuk mematikan simbol Mist, pengemudi perlu menggeser tuas wiper sekali saja dan kembali ke posisi off. Biasanya, Mist digunakan ketika ada titik-titik air hujan pada kaca depan mobil.

Baca Juga: Kenali Apa Saja Penyebab Wiper Mobil Lambat saat Hujan

3. Simbol LO dan HI

Pada tuas wiper, terdapat simbol LO dan HI. Kedua simbol ini berfungsi untuk mengatur wiper agar bekerja terus menerus tanpa jeda. Meskipun demikian, kedua simbol ini memiliki perbedaan.

Perbedaan kedua simbol ini terletak pada kecepatan mengusap air. Simbol LO berfungsi untuk menggerakan wiper secara terus menerus dengan kecepatan tinggi. Biasanya, LO dipakai ketika hujan deras turun.

Ketika hujan sudah sangat deras dan visibilitas berkurang, maka gunakan HI. Wiper yang berada pada posisi HI akan bekerja lebih cepat ketimbang pada posisi LO.

4. Auto

Tidak semua mobil memiliki simbol dan fitur auto. Simbol Auto memungkinkan wiper mobil untuk bekerja secara otomatis. Biasanya, mobil dengan simbol Auto pada tuas wiper sudah dilengkapi dengan teknologi rain sensing.

Dengan teknologi wiper otomatis, kecepatan gerakan wiper bisa diatur oleh komputer sesuai dengan banyaknya air hujan yang turun mengenai kaca mobil. Biasanya, wiper otomatis menggunakan sensor infra merah yang terpasang pada kaca depan bagian atas.

5. Penyemprot Kaca Depan

Pada wiper, terdapat fungsi untuk menyemprot kaca depan agar bersih. Untuk mengaktifkan penyemprot kaca depan, pengemudi tinggal menarik tuas wiper ke arah pengemudi. Ketika ditarik, air pembersih kaca depan langsung disemprotkan ke kaca depan. Wiper mobil akan otomatis menyala untuk menyeka air dan membersihkan kaca depan.

Cara Menggunakan Wiper Belakang

Tidak hanya wiper depan, sebagian mobil juga dilengkapi dengan wiper pada bagian kaca belakang. Pemilik mobil bisa mengatur wiper pada bagian belakang lewat tuas wiper yang berada di belakang setir kemudi.

Pada tuas wiper, terdapat tulisan REAR sebagai pembeda dari pengatur wiper depan. Untuk mengaktifkan wiper belakang, putarlah kenop yang berada pada ujung tuas wiper. Pengemudi bisa mengaktifkan wiper kaca belakang, atau washer hanya dengan memutar kenop pada ujung tuas wiper.

Cara Mematikan Wiper

Untuk mengatur cara kerja wiper mobil menggunakan tuas yang berada pada bagian belakang setir kemudi. Tuas wiper mampu mengontrol kecepatan usapan wiper sesuai dengan kondisi. Untuk mematikan wiper sangat mudah. Pemilik mobil hanya perlu memutar tuas pada posisi off.

mobil terkait

Rp 601.150.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 331.100.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 309.100.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 275.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas