Begini Cara Menghemat Konsumsi BBM agar Mobil Lebih Irit

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 20 June 2022

Begini Cara Menghemat Konsumsi BBM agar Mobil Lebih Irit

momobil.id – Selain harga, faktor lain yang menjadi pertimbangan ketika membeli mobil adalah konsumsi bahan bakar minyak (BBM). Tidak hanya faktor mesin, irit dan borosnya mobil juga dipengaruhi oleh gaya mengemudi dari pengendara. Agar mobil irit bahan bakar, ada beberapa kebiasaan yang harus disesuaikan. Berikut ini adalah berbagai cara menghemat konsumsi BBM pada mobil.

Menjaga Putaran Mesin

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghemat konsumsi BBM adalah menjaga putaran mesin. Caranya hanya memindahkan persneling ke gigi yang lebih tinggi. Ketika putaran mesin tinggi dan laju kendaraan tidak meningkat, maka batas torsi pada gigi terlewati dan banyak bahan bakar yang terbuang. Oleh karena itu, sebelum mendengar mesin menggerung, pindahkan transmisi ke gigi yang lebih tinggi.

Hindari Rem Mendadak

Intensitas melakukan pengereman juga berhubungan dengan konsumsi BBM dari kendaraan. Hindari terlalu sering mengerem kendaraan secara mendadak dan berlebihan. Hal ini akan mendorong pengemudi untuk menekan pedal gas lebih dalam agar kembali kecepatan semula. Selain itu, butuh tenaga yang besar agar mobil kembali ke kecepatan semula setelah melakukan rem mendadak. Dengan mengurangi pengereman mendadak, maka laju kendaraan dikendalikan dengan pedal gas, dan secara langsung laju kendaraan terbantu oleh dorongan gaya dinamis.

Menjaga Kecepatan Kendaraan

Agar konsumsi BBM tetap irit, pengemudi juga perlu menjaga kecepatan maksimal dari kendaraan, terlebih di jalan bebas hambatan. Hal ini berhubungan dengan torsi tinggi dan bukaan throttle yang besar. Semakin besar bukaan throttle, maka semakin besar juga tenaga yang dibutuhkan oleh mesin.

Baca Juga: Benarkah Mobil Mesin Diesel Lebih Irit Dibandingkan Bensin?

Perhatikan Tekanan Udara Ban

Tekanan angin ban yang kurang dapat membuat konsumsi BBM menjadi lebih besar. Ban yang kekurangan angin tentu memiliki gesekan yang lebih besar dengan permukaan jalan. Kinerja mesin akan lebih berat, sehingga dapat menguras bahan bakar. Selain mobil menjadi lebih boros, ban yang kekurangan tekanan udara juga membahayakan keselamatan berkendara.

Tidak Membawa Muatan Berlebihan

Agar konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien, hindari membawa muatan yang berlebihan. Muatan yang berlebihan menambah berat kendaraan, sehingga mesin mobil bekerja menjadi lebih berat. Alhasil akselerasi mobil menjadi lebih meningkat dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih banyak.

Mencari Rute Perjalanan yang Tidak Terlalu Macet

Ketika melewati jalanan yang macet, mesin mobil tetap menyala meskipun mobil dalam keadaan statis. Konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih boros ketika mesin dalam keadaan statis. Mobil akan mengonsumsi BBM lebih banyak sekitar 20% dari keadaan mobil bergerak. Oleh karena itu, sebaiknya pengemudi mencari rute alternatif yang tidak terlalu macet.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas