Begini Cara Menghilangkan Baret pada Mobil Berwarna Silver

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 1 October 2022

Begini Cara Menghilangkan Baret pada Mobil Berwarna Silver

momobil.id – Mobil berwarna silver menjadi pilihan bagi sebagian orang karena memberikan kesan mewah dan modern. Layaknya mobil berwarna lain, mobil silver juga dapat terlihat jelek ketika timbul baret pada permukaan bodi. Berikut ini merupakan tips merawat dan cara menghilangkan baret pada mobil berwarna silver.

Penyebab Cat Mobil Baret

Seiring dengan penggunaan, baret bisa saja timbul pada mobil. Biasanya, adanya goresan pada bodi terjadi akibat bersenggolan dengan objek lain saat berkendara. Namun selain hal tersebut, ternyata ada beberapa hal lain yang dapat menyebabkan cat mobil menjadi baret.

Salah satu penyebab mobil yang baret adalah kerikil. Kerikil yang terpental dari jalan ke arah mobil bisa membuat mobil baret, terutama bagian bumper. Selain itu, aspal yang masih baru dan serangga yang menabrak bodi mobil juga bisa membuat mobil menjadi baret.

Selain faktor di jalanan, penggunaan kain dan cara mengelap mobil juga bisa membuat cat baret. Salah satu contohnya adalah penggunaan lap microfiber yang salah. Pemilik mobil disarankan untuk membeli lap microfiber yang tidak memiliki jahitan pada bagian pinggirnya.

Cara Menghilangkan Baret pada Mobil Silver

Tampilan eksterior akan terlihat kurang indah jika ada baret. Oleh karena itu, berikut ini merupakan beberapa metode sederhana menghilangkan baret pada mobil berwarna silver.

1. Gunakan Kompon Mobil atau Scratch Remover

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan baret pada bodi kendaraan berwarna silver adalah dengan menggunakan kompon mobil. Kompon sendiri berupa zat kimia yang mampu menghilangkan baret. Untuk cara kerjanya, kompon mengikis sedikit permukaan cat mobil untuk menghilangkan goresan.

Saat menggunakan kompon mobil, langkah awal yang dilakukan oleh pemilik mobil adalah dengan membersihkan bagian baret pada bodi mobil. Kemudian, oleskan area baret dengan kompon menggunakan lap halus. Diamkan beberapa saat, lalu lap kompon menggunakan lap microfiber.

Selain kompon, pemilik mobil juga bisa menggunakan scratch remover lain, seperti tipe wax, tipe spray, atau tipe pen.

2. Pakai Lotion Obat Nyamuk

Salah satu cara ampuh dan tidak membutuhkan biaya yang banyak untuk mengatasi baret adalah dengan menggunakan lotion obat nyamuk. Cara mengaplikasikannya cukup mudah, pemilik mobil perlu menyiapkan lotion anti nyamuk dan kain kering.

Hal yang pertama dilakukan adalah dengan menuangkan obat nyamuk pada lap, lalu oleskan secara merata ke bagian bodi yang baret. Tunggu sekitar 15 hingga 20 menit, kemudian gosok dengan gerakan memutar menggunakan kain kering. Lakukan hal ini hingga goresan menghilang.

3. Menghilangkan Baret dengan Pasta Gigi

Salah satu bahan yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan baret pada bodi mobil adalah dengan pasta gigi. Pasta gigi diketahui mengandung bahan kimia yang bisa dimanfaatkan untuk menyamarkan baret ringan pada bodi mobil.

Untuk mengaplikasikannya cukup mudah. Oleskan pasta gigi pada permukaan bodi yang baret. Kemudian, lap dengan gerakan memutar sambil ditekan scara perlahan. Diamkan beberapa saat, dan ulangi proses tersebut hingga baret berkurang.

4. Menghilangkan Baret dengan Minyak Rem

Minyak rem dikenal memiliki fungsi melumasi komponen pada rem mobil. Selain itu, minyak rem juga bisa dijadikan untuk menghilangkan baret pada mobil berwarna silver.

Pemilik mobil hanya perlu mengoleskan minyak rem pada permukaan bodi mobil yang terkena goresan. Untuk mengaplikasikannya, pemilik mobil bisa menggunakan kuas atau lap microfiber.

5. Gunakan Minyak Kayu Putih

Apabila terdapat baret ringan pada bodi mobil, pemilik mobil bisa menghilangkan goresan tersebut menggunakan minyak kayu putih. Untuk penggunaannya, oleskan minyak kayu putih pada permukaan bodi yang baret, lalu gosok menggunakan kain lap.

6. Menggunakan Lilin

Lilin juga bisa digunakan untuk mengatasi baret. Meskipun demikian, penggunaan lilin digunakan hanya untuk menutupi goresan pada bodi mobil. Untuk cara penggunaannya, cuci terlebih dahulu area di sekitar goresan. Kemudian, gosok lilin dengan lembut pada permukaan yang baret.

Perlu diingat bahwa penggunaan lilin hanya untuk menyamarkan goresan. Hal ini tentu bukan solusi jangka panjang dan hanya dipakai dalam keadaan darurat.

7. Dengan Cat Kuku

Baret halus bisa dibersihkan dengan penggunaan cat kuku. Pemilik mobil hanya perlu mencari cat kuku yang senada dengan warna mobil. Kemudian, oleskan cat kuku tipis-tipis pada area baret. Usahakan mengoles dengan tipis dan tidak tebal menyerupai dempul.

8. Menggunakan Lem Super

Alternatif lain untuk menghilangkan baret pada mobil adalah menggunskan lem super. Lem sendiri bisa berfungsi sebagai bahan transparan yang meratakan goresan pada permukaan bodi mobil. Untuk mengaplikasikannya, oleskan lem pada permukaan bodi yang baret. Kemudian gosok secara ringan menggunakan amplas.

Baca Juga: Begini Tips Menjaga Cat Mobil agar Tidak Belang

Tips Merawat Mobil Berwarna Silver

Agar mobil berwarna silver semakin kinclong, pemilik mobil perlu merawatnya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merawat mobil berwarna silver.

1. Teknik Mencuci Mobil yang Benar

Salah satu yang harus diperhatikan dalam merawat mobil silver adalah teknik mencuci mobil. Proses mencuci mobil tentunya sangat mudah. Bilas terlebih dahulu mobil sebelum dibubuhkan shampoo.

Teknik mencuci mobil dimulai dari atap mobil, lalu turun ke sekeliling kaca. Kemudian bersihkan bagian tengah serta bawah bodi mobil. Penting untuk dicatat bahwa gerakan membersihkan mobil yang benar adalah gerakan dari atas ke bawah.

Hindari membersihkan mobil dari bawah ke atas dan gerakan memutar. Hal ini dapat menyebabkan debu dan kotoran menyebar, bahkan dapat membuat bodi mobil baret.

2. Menghilangkan Baret Halus

Baret halus pada bodi mobil harus dihilangkan agar mobil tampak lebih bersih. Cara untuk menghilangkan baret halus bisa dengan mengaplikasikan obat poles, atau melakukan cara-cara seperti yang sudah dijelaskan di atas.

3. Menggunakan Wax

Wax digunakan agar tampilan mobil berwarna silver tetap mengkilat. Penggunaannya tentu sangat mudah, pemilik mobil hanya perlu mengolesi wax pada bodi mobil. Kemudian, bersihkan menggunakan kain microfiber.

4. Poles Mobil dengan Anti Jamur

Jamur dan flek merupakan salah satu penyebab cat mobil silver yang rusak. Hal ini bisa terjadi akibat mobil terus menerus terkena air hujan. Oleh karena itu, disarankan untuk mencuci mobil setelah terkena hujan dan melumuri bodi mobil dengan obat anti jamur.

mobil terkait

Rp 331.100.000

Individu

Rp 309.100.000

Individu

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 347.000.000

Individu

JAKARTA

Rp 199.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 205.000.000

Individu

JAKARTA UTARA


Kembali ke atas