Begini Cara Menghindari Mobil Ditabrak dari Belakang

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 24 June 2022

Begini Cara Menghindari Mobil Ditabrak dari Belakang

momobil.id – Kejadian yang tidak diinginkan bisa saja terjadi di jalanan apabila pengemudi sedang lengah. Salah satu kejadian yang kerap terjadi adalah tabrakan beruntun. Sebagian besar pengguna jalan seringkali menyalahkan pengemudi belakang tidak waspada ketika ditabrak dari belakang. Padahal, pengemudi yang berada di depan bisa jadi biang dari masalah tersebut. Berikut ini adalah cara untuk menghindari mobil ditabrak dari belakang.

Menjaga Jarak Aman

Saat berada di jalan tol, banyak pengemudi yang menempel dengan mobil lain di depannya saat melaju dengan kencang. Hal ini tentunya sangat berbahaya, terlebih jika ada situasi darurat dan harus melakukan pengereman mendadak. Pengguna jalan di belakang akan otomatis menabrak jika tidak waspada. Oleh sebab itu, menjaga jarak dengan mobil depan sangat disarankan. Pengereman secara bertahap juga perlu dilakukan agar mobil belakang bisa mengikuti.

Cek Spion Secara Berkala

Pengecekan spion secara berkala perlu dilakukan untuk memantau kondisi di sekitar mobil. Ketika dalam kondisi darurat, pengemudi bisa mengecek kaca spion untuk memastikan situasi di belakang aman terkendali. Pengemudi juga bisa berpindah jalur jika hendak menghindar. Namun, pastikan pula lajur yang dimasuki dalam kondisi yang aman.

Baca Juga: Teknik Berkendara Mobil Matik yang Aman bagi Pemula

Hindari Berpindah Lajur Sembarangan

Berpindah lajur ketika ada halangan di depan merupakan hal yang normal, namun dengan catatan lajur yang akan dimasuki dalam kondisi aman. Memaksakan diri untuk berpindah lajur sangat berbahaya, terutama ketika mobil di belakang tidak waspada. Hal ini dapat memicu terjadinya tabrakan.

Periksa Kondisi Lampu Rem

Meskipun sepele, namun pemilik mobil perlu mengecek kondisi dari lampu rem. Pastikan lampu rem dalam keadaan menyala. Lampu rem yang rusak tentu membuat kendaraan di belakang tidak mengetahui ketika sedang mengurangi kecepatan. Untuk cara mengeceknya, pengemudi bisa menginjak pedal rem sebelum berkendara. Selain lampu rem, pastikan lampu sein mobil berfungsi dengan baik.

Jaga Konsentrasi saat Berkendara

Salah satu cara untuk menghindari mobil yang ditabrak dari belakang adalah dengan berkonsentrasi saat berkendara. Apabila pengemudi tidak waspada dan konsentrasi, maka pengemudi tidak akan tahu kondisi di sekitar mobil. Jika dalam kondisi mengantuk, segera menepi dan beristirahat.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas